7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Fresh Graduate, Waspadalah!

  • Bagikan
7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Fresh Graduate, Waspadalah! job application
Foto : Freepik

Sebagai fresh graduate, ada baiknya untuk lebih teliti dan cermat dalam mengarungi dunia kerja, baik itu saat mencari kerja, atau saat mendapatkan pekerjaan pertama. Jangan sampai hidupmu malah semakin sengsara, karena kamu melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini!

1. Asal Dalam Melamar Pekerjaan

Terkadang mereka asal melamar tanpa melihat syarat yang dibutuhkan. Karena di pikiran mereka yang penting dapat pekerjaan dulu, meskipun jenis pekerjaan yang akan ditekuni gak sesuai dengan latar belakang pendidikan serta minat.

Entah itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak, itu urusan nanti. Membeli buah di pasar saja butuh ketelitian dalam memilihnya, jangan sampai memilih pekerjaan malah asal-asalan!

Lebih baik bidang pekerjaan yang dilamar benar-benar kamu suka dan kuasai. Kamu bakal stres sendiri nantinya setelah masuk, merasa terjebak, banyak mengeluh, dan akhirnya performa kerjamu gak maksimal, deh.

2. Tidak Memiliki Perencanaan Karier

Masih terkait dengan poin pertama, karena asal dalam melamar kerja, alhasil kamu mengabaikan perencanaan karier. Padahal, hal ini sangat penting untuk masa depan.

Baca juga:  Tips dan Trik Diterima Di Perusahaan Teknologi Terkemuka

Dengan memiliki perencanaan karier bisa membantumu tetap fokus dalam mencari pekerjaan dan juga pengembangan skill. Jika gak punya rencana, kamu akhirnya cuman asal melamar saja dengan bidang dan posisi yang beragam. Asal ikut-ikutan, dan gak punya tujuan!

3. Menganggap Remeh Kesehatan

Mentang-mentang masih muda, kamu terus-terusan lembur sampai malam. Makan gak teratur dan terkontrol. Jajan junk food dan minuman manis-manis pun jadi rutinitas.

Memang nikmat di awal, tapi hal ini bisa merugikanmu kesehatanmu nantinya. Biaya yang harusnya bisa kamu tabung, malah digunakan untuk biaya berobat.

Usahakan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kesehatan. Jangan terlalu diforsir, beristirahatlah ketika merasa lelah.

Dengan begitu, performa di kantor tetap oke, dan kondisi keuangan gak bokek. Boleh lembur, asal sewajarnya gak perlu setiap hari juga. Boleh jajan boba atau junk food, tapi sesekali saja.

4. Memiliki CV yang Seadanya dan Pas-Pasan

Ini mungkin bisa jadi penyebab para fresh graduate sering mengeluh karena susah sekali mendapatkan panggilan interview oleh HRD. Bisa jadi karena CV mereka tidak menarik, informasi kurang lengkap, atau bahkan terlalu berlebihan.

Baca juga:  Ternyata Sifat Malas Bisa Menjadi Sesuatu Yang Positif Untuk Karir

Penting bagi fresh graduate mengetahui tips membuat CV yang benar, lengkap, dan profesional Sesuaikan CV dengan bidang pekerjaan yang dilamar, cantumkan skill dan prestasi, serta berbagai pengalaman yang bisa menaikkan nilaimu di mata perusahaan.

5. Terlalu Idealis

Mereka langsung menargetkan untuk dapat bekerja di perusahaan besar atau mendapat pekerjaan idaman, hingga berharap untuk memiliki gaji besar. Memang, memiliki mimpi besar itu baik.

Namun jika kamu terus menerus memaksakan beberapa hal tersebut tercapai, kamu bisa jadi akan kecewa dan mungkin membuatmu tidak kunjung mendapat kerja karena terlalu lama menunggu target tersebut untuk terwujud. Ingatlah bahwa kamu masih di fase awal karier, menurunkan ekspektasi juga perlu.

6. Terlalu Mengandalkan Website Portal Job

Saat ini mencari lowongan pekerjaan jelas semakin dimudahkan dan nyaman. Tidak lagi mengandalkan job fair saja, namun kini tersedia website portal job dengan banyak lowongan kerja yang memudahkan para jobseeker.

Meskipun ada banyak lowongan dalam portal job tersebut, tapi gak berarti kamu hanya mengandalkan itu saja. Banyak jalan menuju pekerjaan idaman. Cobalah untuk mengeksplorasi beragam lowongan kerja di berbagai tempat.

Baca juga:  Kerja Melulu? Ini Cara Atur Waktu Biar Hobimu Tetap Jalan

Mulai dari media sosial seperti Twitter, Instagram, atau LinkedIn. Jangan lupa untuk selalu perluas dan tetap jaga koneksimu. Siapa tahu mungkin ada kenalan atau teman yang menawarkan pekerjaan, ya kan? Tetap inisiatif dalam menggali informasi lowongan kerja seluas-luasnya!

7. Kalap Berfoya-foya, Lupa Berinvestasi

Sebagai fresh graduate yang baru saja dapat kerja, mendapat gaji pertama memang bikin hati bahagia. Biasanya yang pertama kali dilakukan saat gajian mulai dari belanja hingga nongkrong dengan teman.

Sah-sah saja untuk dilakukan karena ini sebagai bentuk self reward setelah sebulan bekerja. Namun tetap buat batasan, jangan sampai kalap bahkan gaji ludes tanpa menyisihkannya untuk investasi.

Jangan ragu untuk menyisihkan uang gaji, karena berinvestasi sejak dini dapat membantu uangmu memaksimalkan cuan di masa depan.

Bagi para fresh graduate yang masih berjuang mencari kerja, atau yang baru saja mendapat pekerjaan pertamanya, tetap semangat ya! Mendapat pekerjaan sesuai dengan passion itu luar biasa, namun jika tidak, ya tidak apa-apa. Usahamu tak akan sia-sia. (neo)

  • Bagikan