7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL!

  • Bagikan
7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! Tipe Pesan Error Pada

Pernahkah saat kamu menggunakan rumus excel atau memformat cell kamu mendapatkan hasil error #####? Pada saat menggunakan microsoft excel ada kalanya kita mendapati pesan error seperti #NULL!, #DIV/0!, #VALUE!, #REF!, #NAME?, #NA, #NUM!.

Apa sih maksud dari error yang dihasilkan oleh rumus excel tersebut? biar lebih paham yuk simak berikut.

1. Error #NULL!

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! Null 2

Pesan error #NULL! akan muncul jika batas sel (Cell Range) yang kita masukkan dalam rumus Excel tidak mengganggu atau menentukan grup sel yang benar. Ini biasanya karena ruang ekstra atau kurangnya pemisah argumen yang tepat.

Baca juga:  Cara Print Judul Berulang di Microsoft Excel

2. Error #DIV/0!

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! DIV 2

Artinya rumus tersebut berisi angka-angka yang habis dibagi nol. Pesan error yang ditampilkan karena nilai numerik dipisahkan oleh 0 (nol). Jelas di sekolah saya diberitahu bahwa membagi angka dengan nol memiliki jumlah kejadian yang tidak terbatas. Justru karena ketidakterbatasan ini Excel akan menghasilkan nilai error #DIV/0!.

3. Error #VALUE!

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! Value

Format tidak valid berarti format data rumus yang kamu masukkan tidak sesuai dengan format data yang diperlukan atau diharapkan oleh fungsi atau rumus Excel. Ini mungkin karena kombinasi tipe data yang dimasukkan ke dalam rumus Excel.

Tipe error #VALUE! artinya tipe data yang kita masukkan ke dalam rumus tidak sesuai dengan tipe data yang diminta atau diharapkan oleh fungsi atau rumus excel. Bisa juga karena adanya campuran tipe data yang kita masukkan ke dalam rumus excel.

Baca juga:  Cara Mudah Merubah Huruf Kapital Pada Microsoft Excel

4. Error #REF!

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! 244023777 368593931609943 8590307372777995107 n

Pesan error #REF! menunjukkan bahwa rumus Excel yang kamu masukkan salah atau merujuk ke referensi sel yang salah. Ini mungkin karena sel mengutip atau meneruskan referensi yang dihapus atau tautan sel ada di buku kerja lain yang tidak terbuka atau tidak dapat diakses.

5. Error #NAME?

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! Name

Pesan error #NAME? berarti bahwa rumus Excel tidak mengenali tabel atau nama aplikasi yang ditentukan. Ini mungkin karena salah ketik atau nama asli tidak ada dalam file excel.

6. Error #NA

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! NA

Pesan error #NA berarti bahwa nilai rumus Excel telah hilang atau nilai referensi rumus Excel tidak dapat ditemukan. Pesan kesalahan atau error ini biasanya ditampilkan saat menggunakan fungsi pencarian seperti LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP dsb.

Baca juga:  Langkah-Langkah Print Auto Rapi di Ms.Excel

7. Error #NUM!

7 Tipe Pesan Error Pada Excel, Salah Satunya Error #NULL! Num

Pesan error #NUM! ini berarti bahwa rumus Excel menghasilkan nilai yang salah. Nilai ini biasanya salah karena nilainya terlalu besar atau terlalu kecil untuk melebihi kemampuan konfigurasi Excel.

  • Bagikan