8 Alasan Kamu Harus Beralih Dari YouTube ke DTube

  • Bagikan
8 Alasan Kamu Harus Beralih Dari YouTube ke DTube DTube 1

Menonton video sebagian besar merupakan hobi online. Layanan streaming seperti Netflix telah mengubah wajah media selamanya. Dan situs seperti YouTube mengandalkan video yang dikumpulkan secara terpusat yang mereka kirim ke perangkat sesuai permintaan.

Ini bukan satu-satunya cara kerjanya, dan DTube adalah contoh jaringan video terdesentralisasi. Hari ini kita akan melihat apa itu DTube dan bagaimana cara kerjanya, tetapi pertama-tama, mari kita lihat bagaimana situs video online biasanya bekerja.

Cara Kerja Sebagian Besar Situs Video

YouTube, bersama dengan hampir setiap situs web video streaming lainnya, adalah layanan terpusat. Bagi kebanyakan orang, ini bukan masalah. Konten video diunggah ke server YouTube dan dapat dicari melalui fungsi pencarian YouTube. Kemudian, konten mengalir ke perangkat dalam format apapun yang dianggap terbaik oleh YouTube.

Cara kerja ini bukan tanpa kelebihannya. Layanan terpusat menyediakan konten yang sama untuk semua. Beberapa mengatakan, bagaimanapun, bahwa layanan terpusat adalah masalah.

Ada Apa Dengan YouTube?

Karena semua penyimpanan untuk konten video ada di server YouTube, pengguna pada akhirnya tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi pada video mereka. YouTube memutuskan apa yang seharusnya ada di platform mereka, bukan pengguna YouTube. Jika kamu ingin menghasilkan uang dari video kamu melalui iklan, YouTube adalah broker yang memutuskan apa yang adil untuk dimonetisasi dan apa yang tidak.

Algoritma YouTube seharusnya mempromosikan konten secara adil, tetapi beberapa pembuat konten melihat perbedaan dalam sistem ini, yang diduga membuat beberapa saluran menghilang dalam semalam.

Baca juga:  Berapa Sih Pendapatan Youtuber Dari Iklan?

Dengan cara ini, video terpusat bisa menjadi ide yang buruk. Tetapi jika YouTube menyebalkan, mengapa semua orang masih menggunakannya? Yah, tidak semua orang begitu. Beberapa orang telah beralih menggunakan DTube.

Sekilas Tentang DTube

8 Alasan Kamu Harus Beralih Dari YouTube ke DTube dtube

DTube adalah layanan video terdesentralisasi yang ada di blockchain daripada di server pusat. Kreator dapat menggunakan layanan dengan mengetahui bahwa data mereka aman. Selain itu, konten video tidak dapat disensor oleh siapapun di luar komunitas DTube.

Uang terakumulasi melalui cryptocurrency daripada mengandalkan iklan, dan tidak ada algoritma tersembunyi, sebagai gantinya memilih umpan balik pengguna langsung untuk memberi peringkat video.

Dan banyak istilah yang harus dipahami dengan cepat, jadi mari kita uraikan satu per satu.

1. DTube Adalah Platform Terdesentralisasi

Pertama-tama, DTube tidak memiliki server pusat. Semua konten disimpan di blockchain. Secara alami, data blockchain diverifikasi di antara semua anggotanya.

Ini adalah contoh Tabel Hash Terdistribusi (DHT) dan bekerja mirip dengan torrent informasi peer-to-peer. Akibatnya, tidak ada satu file video definitif di satu tempat, lebih merupakan kesepakatan bersama tentang isi file video tersebut.

Ini mempersulit, jika bukan tidak mungkin, untuk mengutak-atik konten video di DTube. Ini bukan satu-satunya aplikasi online yang melihat operasi aman semacam ini. Jika kamu pernah bertanya pada diri sendiri apakah internet yang benar-benar terdesentralisasi itu mungkin, DTube adalah contohnya di tempat kerja.

Video terdesentralisasi berarti tidak ada cara sederhana untuk menghapus konten dari situs. Ini bisa menjadi berkah atau kutukan. Namun, bagi sebagian pengguna, jaminan bahwa konten mereka tidak berada di tangan organisasi besar merupakan daya tarik besar, dan alasan untuk beralih ke DTube.

Baca juga:  5 Cara Mudah Menghilangkan Iklan Saat Menonton Youtube

2. DTube Adalah Layanan Aman

Tidak ada server pusat berarti tidak ada satu tempat pun yang menyimpan semua data pengguna, siap untuk diretas. Semua orang memposting dengan nama samaran yang ditetapkan dan situs tidak memiliki login tradisional, sebagai gantinya memilih platform Steemit.

Kamu dapat mengidentifikasi diri kamu dengan cara apa pun yang kamu inginkan, tetapi tidak ada cara agar data yang kamu rasa tidak nyaman untuk dibocorkan.

3. DTube Tidak Memiliki Iklan

Karena DTube menggunakan DTube Coin ($DTC) sebagai mata uangnya, iklan tradisional tidak diperlukan. Pengguna memilih video untuk memberi mereka nilai. Video populer menerima $DTC dan dibayarkan ke dompet pembuatnya.

Pembuat konten bebas untuk beriklan di dalam video mereka, tetapi banyak pengguna yang menolak iklan, oleh karena itu mengandalkan $DTC tampaknya menjadi cara terbaik untuk memonetisasi video di layanan tersebut.

4. Kamu Dapat Menghasilkan Uang di DTube

8 Alasan Kamu Harus Beralih Dari YouTube ke DTube dtube coin

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa DTube terdengar seperti platform yang cukup menarik bagi pembuat konten, dan kamu benar.

Platform ini sudah populer di kalangan vlogger, banyak di antaranya membuat konten tentang DTube itu sendiri, serta cryptocurrency pada umumnya.

Perbedaan signifikan dengan DTube adalah bahwa video hanya menghasilkan uang selama tujuh hari. Apapun yang kamu buat saat ini dibayarkan ke dompet kamu. Video tetap ada di situs, tetapi berhenti mendapatkan mata uang.

5. Dtube Tidak Memiliki Sensor

Cara lain DTube dapat menguntungkan kamu adalah dengan sikap kebebasan berbicaranya. Desentralisasi berarti tidak ada cara tradisional menyensor video. Sementara YouTube memutuskan apa yang tepat untuk platformnya, DTube berbeda.

Komunitas sendiri menilai semua konten video. Pada prinsipnya, layanan mengizinkan apa pun di situs, tetapi dalam praktiknya, komunitas pandai menyaring posting yang tidak berguna atau berbahaya. Untuk analogi sederhana, pikirkan Reddit tanpa mod. Ini bisa menjadi surga atau neraka, tergantung pada sudut pandang kamu.

Baca juga:  Mau Jadi Youtuber? 6 Ide Konten Youtube Ini Mendapat Banyak Subscriber dan Views

6. DTube Tidak Memiliki Algoritma Rekomendasi

YouTube mendasarkan rekomendasinya pada sistem analisis metadata yang seharusnya adil. Apapun pendapat kamu tentang ini, tentu tidak jelas siapa atau apa yang akan menerima rekomendasi untuk audiens yang lebih luas pada waktu tertentu.

DTube mengatasi masalah ini dengan mendasarkan sistem rekomendasinya pada pandangan dan suara pengguna. Jika komunitas mengunggah video kamu memiliki nilai, video kamu akan mendapatkan daya tarik dan peringkat di antara video yang sedang tren.

7. DTube Memiliki Komunitas yang Baik

8 Alasan Kamu Harus Beralih Dari YouTube ke DTube dtube about 670 670x263 1

DTube memiliki komunitas yang erat, dengan banyak pembuat konten yang terhubung dalam proyek dan berbagi pekerjaan satu sama lain. Banyak pengguna menyamakan DTube dengan masa-masa awal YouTube dan aspek komunitas dari saluran serupa yang berkolaborasi.

Komunitas aktif ini, bersama dengan insentif finansial yang dibawa oleh sosial di platform, menjadikan DTube komunitas muda yang bersemangat yang sedang naik daun.

8. DTube Bukan Bagian dari Lima Besar

Google, Amazon, Facebook, Microsoft, dan Apple adalah raksasa teknologi. Di antara mereka, mereka benar-benar mendominasi teknologi. Sangat jarang menemukan layanan apa pun yang tidak menggunakannya dalam beberapa cara. Kebanyakan orang tidak menganggap jangkauan yang dimiliki perusahaan ini atau tidak menganggapnya sebagai masalah.

DTube tidak tergantung pada lima besar ini, jadi jika ingin menghindari perusahaan teknologi besar adalah sesuatu yang kamu cita-citakan, DTube bisa jadi cocok untuk kamu.

Kesimpulan

DTube adalah bagian dari Revolusi Blockchain, teknologi Blockchain mengubah media kita, dan situs seperti DTube mempelopori cara baru untuk berbagi konten kreatif dan kekayaan.

DTube hanyalah bagian kecil dari gerakan yang lebih besar, dan seluruh revolusi blockchain menunjukkan sedikit tanda akan berhenti.

  • Bagikan