8 Skill Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

  • Bagikan
8 Skill Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021 8 Skill Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

Teknologi memainkan peran penting dalam perkembangan industri dan bisnis saat ini. Itu sebabnya setiap tahun permintaan tenaga kerja di bidang teknologi dan informasi masih terbilang cukup tinggi.

Apalagi saat ini lahirnya era Revolusi Industri 4.0 membuat perusahaan semakin membutuhkan lulusan yang tak cuma pintar saja secara akademis, Pastinya  juga wajib dinamis seiring mengikuti perkembangan zaman.

Jika kamu yang sebentar lagi lulus kuliah jurusan IT, biasanya tidak sabar untuk memasuki dunia kerja. Namun, pada kenyataannya IPK bagus saja dan segudang pengalaman organisasi gak tentu akan membuat kamu bisa bersaing pada dunia professional, terutama saat ini.

Ternyata dibutuhkan skill tambahan yang bisa membantumu untuk meningkatkan kemampuan kamu sekaligus. Agar lebih paham dan jelas mengenai skill apa yang dibutuhkan, berikut adalah prediksi

8 Skill Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

1. Python

Terdapat peningkatan sebanyak 45% terhadap profesional IT yang memiliki Python sebagai skill dasar pada tahun 2018. Hal ini diprediksi akan terus terjadi hingga 2021 nanti.

Baca juga:  Stigma Anak IT Di Mata Masyarakat

Phyton sendiri dikenal sebagai bahasa pemrograman yang relatif mudah dipelajari dan sederhana untuk digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Meski demikian, bahasa pemrograman Python tetap dianggap sebagai alat yang ampuh bagi pemula dan ahli. Keunggulannya terletak pada penggunaannya yang multifungsi di berbagai platform, seperti untuk pembuatan program jaringan, data mining, situs, hingga kecerdasan buatan.

2. Machine Learning

Permintaan akan ahli Machine Learning diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021.

Machine Learning sendiri adalah bagian dari penerapan kecerdasan buatan atau AI, yang mengembangkan kemampuan komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu tanpa diprogram secara eksplisit.

Sebelumnya, jumlah profesional IT yang menyebutkan Machine Learning sebagai keterampilan juga meningkat secara signifikan hingga 50% sejak tahun 2018 silam.

Jadi, kamu tahu betapa skill ini sangat dibutuhkan terutama bila kamu tak ketinggalan oleh Profesional IT lainnya, kan?

3. Deep Learning

Deep Learning juga diprediksi akan menjadi keterampilan IT yang populer di tahun 2021 nanti.

Baca juga:  8 Pekerjaan Hits Di Dunia IT

Deep Learning sendiri merupakan salah satu metode penerapan dari Machine Learning yang meniru cara kerja otak manusia.

Gunanya adalah untuk mengambil keputusan dengan menggunakan struktur algoritma berlapis yang disebut sebagai artificial neural network (ANN).

4. Cyber Security

Di Tengah kemajuan teknologi, ancaman keamanan data  dan serangan siber yang terus mengintai. Oleh karena itu akan semakin banyak perusahaan yang akan menaruh perhatian tinggi pada keamanan jaringan dan data pelanggan yang mereka miliki.

Itu sebabnya keterampilan di bidang Cyber Security akan menjadi salah satu yang terus dicari hingga tahun 2021 kedepan.

Sebelumnya telah terjadi peningkatan sebanyak 19% terhadap kebutuhan profesional IT dengan keterampilan di bidang ini sejak tahun 2018.

5. Data Science & Data Analytics

Pendapatan dari aplikasi dan analitik Big Data diproyeksikan tumbuh hingga 19,4 miliar USD pada tahun 2026.

Itu sebabnya permintaan akan keterampilan spesialis dibidang data scientist dan analitis masih terus akan melambung di tahun 2021 nanti.

Baca juga:  Cara Melaporkan Penipuan Online

6. Cloud Computing

Saat ini semakin banyak perusahaan yang beralih solusi berbasis cloud. Salah satu layanan berbasis cloud yang saat ini paling banyak digunakan adalah Amazon Web Services (AWS).

Pergeseran besar-besaran ke cloud-based solutions ini menandakan bahwa cloud computing pun akan menjadi salah satu kemampuan IT yang banyak dicari perusahaan-perusahaan di masa yang akan datang.

7. Blockchain

Meski awalnya dibuat untuk mata uang digital, namun banyak perusahaan yang mulai menemukan manfaat lain dari blockchain.

Blockchain pun tumbuh dan digunakan dalam berbagai industri, seperti untuk aplikasi dan layanan peer to peer payment, crowdfunding, digital voting dan lain-lain.

Itu sebabnya memiliki keterampilan dalam memanfaatkan blockchain pada pemrograman akan menjadi skill teknologi yang sering dicari beberapa tahun kedepan.

8. Mobile Development

Saat ini, perangkat seluler selalu dibawa oleh orang dimanapun berada. Hal ini membuat banyak perusahaan terus menciptakan aplikasi agar relevan bagi para pelanggannya.

Itu sebabnya Mobile Development pun menjadi skill teknologi yang masih akan dicari pada tahun 2021 nanti.

  • Bagikan