9 Cara Mempercepat Koneksi Internet WIFI 2020

  • Bagikan
9 Cara Mempercepat Koneksi Internet WIFI 2020 internet speed test

Internet merupakan sebuah kebutuhan prioritas utama saat ini baik itu untuk berkerja, mencari informasi maupun bermain game. Namun tak jarang teknologi yang satu ini selalu dikaitkan dengan masalah kecepatan cepat dan lambat.

Kalian tidak usah pusing pada kali ini saya akan memberikan tipsnya. Bagaimanakah caranya? Simak berikut ini 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet WIFI 2020.

1. Meletakan Router di Tempat Strategis

Penempatan Posisi Router merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai alat pemancar wifi, Jika ia diletakan di posisi yang salah maka efektifitasnya juga berkurang

Disarankan untuk menempatkan router pada posisi yang sekiranya strategis sesuai kebutuhan. Selain itu usahakan memposisikannya di tempat yang agak terbuka.

Baca juga:  Istilah-Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Jangan langsung bertemu dengan dinding yang bisa menyebabkan sinyal wifi menjadi terganggu dan tak menyebar secara efektif

2. Atur Posisi Antena Pada Router

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet WIFI 2020 peletakan router

Jika kalian menggunakan router yang memiliki antena eksternal, maka bisa mencoba tips yang satu ini. Ternyata arah dari antena pada router juga berpengaruh terhadap kinerjanya

 Cobalah untuk mengubah arah dari antena tersebut hingga mendapatkan koneksi yang lebih baik dari pada sebelumnya.

3. Coba Aplikasi Heatmapping

Software yang satu ini akan membantu kalian untuk melihat seberapa efektif cakupan sinyal wifi. Dengan begitu kita bisa menentukan dimana posisi router yang efektif agar sinyalnya menyebar dengan efektif. Coba juga tis untuk mengubah arah antena seperti diatas agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

4. Ubah Jadi Jaringan Tertutup

Semakin banyak orang yang memakai jaringan wifi, maka koneksinya akan semakin lambat. Maka dari itu jika kalian tak ingin ada para pemburu wifi gratisan yang ikut numpang tanpa izin, sebaiknya berikan password pada jaringan hotspot kalian

Baca juga:  4 Aspek Penting Dalam Memilih Ram

Dengan begitu hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

5. Ubah Frekuensi ke 5GHz

Sekarang ini ada 2 jenis frekuensi pada wifi yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Lebih bagus yang mana? Tergantung kondisi tempat kalian, jika banyak barang elektronik yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz maka koneksi wifi pun juga ikut terpengaruh.

Apabila terjadi, disarankan untuk mengubah setting router kalian dari frekuensi 2,4 GHz menjadi 5 GHz. Tapi sebelum itu pastikan dulu perangkat kalian sudah mendukung frekuensi 5 GHz juga ya.

6. Pilih Saluran Yang Tak Terlalu Ramai

Selain pemilihan Frekuensi, pengaturan saluran pada router juga terbilang cukup penting. Umumnya pada frekuensi 2,4 GHz akan banyak yang menggunakan saluran 1,6 dan 11. Maka dari itu disarankan untuk memilih saluran yang lain. Namun, akan lebih baik lagi apabila kalian sudah beralih ke Frekuensi 5 GHz

7. Tambahkan Perangkat Repeater

Salah satu penyebab koneksi wifi lemot adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi dari masalah ini adalah dengan memanfaatkan repeater. Perangkat tersebut akan berguna untuk memperkuat serta memperluas cakupan sinyal wifi yang ada. Dengan begitu kita bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Baca juga:  5 Situs Untuk Membuat CV Yang Menarik

8. Ganti Router Dengan Yang Baru

Kembali lagi bahwa router merupakan faktor yang sangat penting dalam hal ini. APabila perangkat yang kalian gunakan sudah jadul maka disarankan untuk segera menggantinya.

Selain karena kinerjanya yang sudah kurang efektif, router jenis baru jelas punya teknologi yang lebih baik. Hal ini akan sangat bagus jika kalian ingin punya wifi berkecepatan tinggi.

9. Minta Bantuan Ke ISP

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet WIFI 2020 memeresetmodemindihome
Hiburan gambarnya guys

Jika semua tips di atas belum bisa mengatasi wifi yang lemot, saatnya untuk meminta bantuan. Kalian bisa menghubungi ISP untuk mengirimkan tenaga ahli agar dapat mempercepat koneksi wifi kalian.

Mereka tentu lebih kompeten dan bisa mencari tahu apa sebenarnya penyebab dari masalah tersebut. Selain itu, tips ini cocok untuk kalian yang tak mau repot.

  • Bagikan