9 Ide Bisnis Bagi Anak IT

  • Bagikan
9 Ide Bisnis Bagi Anak IT 9 Ide Bisnis Bagi Anak IT

Sebagian besar orang kesulitan dalam menentukan jenis usaha atau bisnis yang akan dilakoninya. Bagi sebagian besar lulusan IT merupakan jurusan paling sulit dalam dunia perkuliahan karena berhubungan dengan sistem komputer, jaringan dan algoritma yang merepotkan serta membuat pusing.

Sebenarnya, bagi kamu yang memang memiliki kemampuan mumpuni di bidang IT, tak perlu resah mencari pekerjaan kesana kemari karena banyak bisnis di bidang ini yang dapat kamu jalankan. Terlebih lagi, pandangan kedepan jika bisnis di bidang IT ini akan sangat bagus mengingat kebutuhan akan kecanggihan teknologi dan informasi akan semakin terus meningkat.

Teknologi menguasai dan merajai dunia bahkan tiap orang tergantung pada penggunanya sehingga menjadi sarana bisnis yang paling menggiurkan.

Cara Memulai Bisnis Bagi Anak IT

Kreativitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Apalagi, kini banyak bisnis yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya karena kurangnya inovasi ide bisnis yang mereka tawarkan.

Untuk mempertahankan sebuah usaha, kamu perlu memiliki ide bisnis yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga membedakan kamu dari kompetitor. Nah, dibawah ini kamu dapat melihat 9 Ide Bisnis Bagi Anak IT yang bisa dijadikan inspirasi. Selamat membaca!

Baca juga:  Kamu Hobi Photography? Jual Hasil Foto Jepretanmu Di 9 Situs ini!!

1. Web Development

Website saat ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Sebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan dan kemudahan dalam komunikasi.

Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, peluang untuk membuat usaha web developer saat ini sangat tepat, banyak orang yang membutuhkan mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat.

2. Startup

Startup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital. Untuk membangun sebuah startup, Kamu hanya membutuhkan konsep yang matang saja.

Jika kamu tidak bisa masalah pemrograman, desain, konten marketing, pemasaran dan SEO, Kamu bisa melemparkan ke orang lain yang lebih berpengalaman. Tetapi jika kamu mampu, kamu bisa melakukannya sendiri.

Kemampuan utama yang harus dimiliki sebelum membuat startup yaitu pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Contoh saja Facebook yang dulunya hanya startup kecil, kini sudah menjelma menjadi salah satu raksasa di dunia dan digunakan oleh banyak orang.

3. Desain Grafis

Jasa desain grafis juga memiliki peluang yang besar. Tidak semua orang bisa melakukan desain walaupun sudah mempunyai aplikasinya. Harga jual untuk sebuah desain juga cukup besar tergantung skill dari desainernya.

Tips agar sering mendapat klien, Kamu harus memiliki banyak portofolio, tujuannya agar klien mengetahui hasil desain yang pernah kamu buat dan lebih mudah menawarkan harga kepada klien.

Baca juga:  Cobain Nih 4 Game Asyik Bikin Skill Pemrograman Jadi Top Global

Kamu bisa mencari klien di beberapa situs/website terkenal seperti di artikel ini.

4. Content Writer

Bagi kamu yang hobi menulis (Content Writer), tidak ada salahnya kamu menyalurkan hobi kamu menjadi pundi-pundi rupiah. Pekerjaan menulis ini merupakan salah satu dari ide peluang usaha bidang IT paling mudah dilakukan.

Apalagi jika kamu memahami masalah SEO, maka nilai artikel kamu akan dihargai lebih. Kamu bisa menawarkan keahlian menulis kamu di forum-forum atau bergabung dengan perusahaan penulis konten.

5. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikkan website kamu berada dihalaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website kamu.

Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha dibidang SEO ini.

Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong cukup mahal, Terutama pada website yang memiliki persaingan berat.

6. Software

Jika aplikasi lebih cenderung ke mobile/smartphone, maka untuk software ini cenderung ke perangkat komputer.

Software adalah perangkat lunak yang isinya bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Jika kamu memiliki kemampuan coding yang baik, maka mendirikan usaha software house developer adalah pilihan tepat.

Selain pasarnya masih luas, harga setiap software yang dijual biasanya memiliki harga yang mahal, sehingga masih sangat prospek untuk kedepannya.

Baca juga:  Ini Dia Alasan Kenapa Magang Itu Penting

7.Blogger

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, maka blogger adalah salah satu peluang usaha yang tepat untuk kamu. Kamu bisa membuat blog dengan niche sesuai yang kamu kuasai.

Selain kemampuan menulis, kamu harus mengerti urusan domain, hosting dan SEO agar blog kamu bisa bersaing dengan blog lain di internet.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan, kamu bisa melakukan monetisasi (mengubah dan mengelola) blog yang kamu miliki dengan PPC, Adsense, mengikuti program afiliasi, menjual stok iklan, Paid to review, dan masih banyak model monetisasi lainnya.

8. Social Media Consulting

Social media saat ini banyak sekali jenisnya, jika dulu hanya ada friendster maka sekarang sudah ada yang namanya Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Tumblr dan lain sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan peluang dari banyaknya jenis social media yang ada dengan menjadi konsultan social media.

Kamu bisa menawarkan jasa untuk mengoptimalkan social media untuk berbisnis, sarana promosi, membangaun brand, menambah jumlah follower/teman dan masih banyak lainnya.

9. IT Solution

IT Solution adalah bidang usaha yang bergerak di bidang jasa atau penjualan alat-alat IT. Contoh usahanya seperti pemasaran CCTV, Alarm keamanan, jasa service perangkat IT, Penjualan software dan lainnya.

Jika kamu dapat menjalankan usaha IT Solution ini keuntungannya cukup besar karena saat ini masih banyak orang yang membutuhkan jasa IT.

  • Bagikan