9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui

  • Bagikan
9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui 9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui

Membahas mengenai Virus pasti gak akan ada habisnya seiring meningkatnya tingkat perkembangan teknologi, maka akan terciptalah jenis-jenis baru virus. Sebenarnya tidak semua virus komputer bersifat kompleks. Kamu bisa menciptakannya hanya dengan memakai aplikasi Notepad dan beberapa perintah coding di dalamnya.

Sesuai namanya, virus berarti membawa bahkan akan memberikan dampak yang buruk untuk komputer sendiri, bahkan virus akan memperbanyak dirinya untuk memenuhi memori harddisk dan membuat ram semakin kecil.

Tentunya jika virus dibiarkan terus berada dalam sistem komputer, maka ia akan merusak seluruh sistem dan perangkat. Pasalnya keberadaan virus juga dapat mencuri data, menghapus file sampai-sampai menginfeksi perangkat lain yang di dalam satu jaringan.

Maka dari itu kamu wajib mengenal beberapa virus yang kali ini akan kita bahas pada artikel ini sedikitnya kamu mengerti dan tahu agar kedepannya dapat menghindarinya, Yuk kita simak bersama-sama!!

Berikut 9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui:

1. Companion Virus

Jenis yang pertama bernama companion virus. Ini adalah virus yang akan mengganggu berbagai data pribadi para pemilik komputer.

Virus ini cenderung sulit untuk dideteksi dan tempat persembunyiannya adalah di hardisk. Virus ini juga umumnya akan berkumpul dengan file-file yang baru saja dibuat.

Baca juga:  Cara Mudah Hilangkan Iklan di Realme UI

Untuk kemampuannya sendiri Companion virus akan membuat format data menjadi berubah. Sementara untuk cara mencegahnya bisa dilakukan dengan menginstall sekaligus membersihkan komputer secara rutin menggunakan Antivirus.

2. FAT Virus

FAT Virus adalah singkatan dari File Allocation Table Virus. ini merupakan virus berbahaya yang juga mampu merusak berbagai file yang terdapat di dalam komputer.

Bahkan bukan hanya itu saja, Virus ini juga sangat lihai dalam menyembunyikan file-file penting sehingga file-file tersebut tampak hilang atau terhapus.

Namun, begitu kamu mengecek kapasitas memori, maka tidak akan ada perubahan yang muncul. Artinya, kapasitas memori akan tetap sesuai dengan yang kamu gunakan sebelumnya, khususnya sebelum file penting tersebut hilang.

3.Trojan Virus

Salah satu jenis virus komputer yang cukup terkenal ialah Trojan. Jika hendak dicermati sebenarnya Trojan bukanlah virus. Hanya saja mengingat kemampuannya dalam mengganggu kinerja komputer, jadi ada banyak orang yang memasukkannya dalam golongan virus komputer.

Trojan sendiri umumnya digunakan untuk mencuri data bahkan sekaligus mengendalikan data milik target. Virus ini biasanya akan muncul melalui internet, salah satunya melalui email yang diterima oleh target. Dari sini nantinya Trojan akan mulai menginfeksi komputer dan melakukan pekerjaanya.

4. Worm Virus

Hadir dengan cara yang sama seperti virus Trojan, yakni melalui internet, virus Worm akan membuat penyimpanan komputer kamu menjadi cepat penuh. Hal ini dikarenakan virus Worm memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya dengan cepat. Alhasil, apabila kamu membiarkannya saja, maka komputer kamu akan menjadi lambat bahkan sistemnya juga rusak.

Baca juga:  Perusahaan Besar Dunia Yang Bermula Dari Tempat Kecil

Biasanya pemilik komputer yang tidak terlalu peka kurang menyadari kehadiran jenis virus komputer satu ini. Rata-rata pemilik akan tahu bahwa komputernya terkena Worm saat perangkatnya tersebut menjadi lambat serta terdapat file-file sampah yang sulit dihapus.

5. Web Scripting Virus

Web Scripting Virus ini sebenarnya bekerja dengan cara mengoperasikan konten yang terdapat dalam website.

Oleh sebab itu, virus ini akan muncul ketika komputer dalam kondisi yang terhubung dalam internet. Untuk mengatasi nya, Kamu dapat menggunakan Microsoft Tool yang merupakan software bawaan dari WIndows.

Lakukan pembersihan secara berkala menggunakan Microsoft Tool tersebut. Tetapi kalau kamu ingin menggunakan software antivirus lainnya juga bisa kok.

6. Stealth Virus

Berbicara tentang virus yang cukup sulit untuk dideteksi, maka Stealth adalah salah satunya. Stealth akan menyembunyikan dirinya dengan cara yang pintar, yakni membuat file yang sudah terinfeksi menjadi tampak tidak terinfeksi

Namun umumnya, begitu file yang terinfeksi tersebut dibuka, informasi yang ada didalamnya sudah rusak.

Kamu bisa melakukan scanning secara menyeluruh pada komputer untuk mengetahui keberadaan jenis virus komputer satu ini. Jika sudah ketemu, harap untuk segera menghilangkan berbagai file yang sudah terinfeksi.

7. Boot Sector Virus

Sedikit berbeda dengan virus yang lainnya, Boot Sector Virus tidak bekerja dengan menyerang program komputer. Akan tetapi dia langsung menyerang sektor boot yang merupakan bagian terkecil dalam penyimpanan hardisk.

Baca juga:  Tutorial Tips Untuk Reset atau Mengganti Code Zaltv TV Favorit Anda

Jenis virus komputer satu ini akan bersembunyi dalam floppy disk dan mampu bergerak kemana saja serta menginfeksi file apa saja yang terdapat di dalam hardisk.

Untuk mengatasi boot sector, Kamu dapat menggunakan software antivirus dan menyetel hard drive menjadi dalam mode write protect, bisa menggunakan program hard drive protection.

8. Polymorphic Virus

Untuk jenis virus komputer yang pintar, salah satunya adalah Polymorphic Virus. Dikatakan pintar karena virus ini akan masuk ke program komputer dan setelah itu mengubah strukturnya.

Virus ini akan kembali merubah strukturnya setelah tugasnya selesai dijalankan. Ketika menginfeksi Virus Polymorphic akan menyandingkan diri secara otomatis.

Hebatnya lagi, Polymorphic Virus juga mampu memanipulasi antivirus agar dirinya tidak dianggap berbahaya, Mengingat kemampuanya tersebut sudah tentu virus satu ini tidak bisa diatasi dengan sangat mudah

9. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus juga mengancam RAM. Virus ini akan berdiam dalam memori sekaligus mengganggu kinerja memori.

Memory Resident Virus juga akan langsung aktif begitu komputer dinyalakan dan efeknya pun akan langsung terasa. Salah satu efek tersebut adalah program komputer yang semakin lama semakin lambat.

Beruntungnya, Virus ini sudah dapat dihalau dengan menggunakan antivirus-antivirus yang ada saat ini.

  • Bagikan