9 Tips Mencari Pekerjaan Lewat LinkedIn

  • Bagikan
9 Tips Mencari Pekerjaan Lewat LinkedIn Tips LinkedIn

Sudah punya akun LinkedIn kan? Kalau belum punya yuk buruan daftar Genk, jutaan lowongan pekerjaan di posting di LinkedIn loh setiap harinya. Cocok banget nih buat kamu yang mencari pekerjaan bisa lewat LinkedIn

Linkedin akan membantu kamu untuk menemukan lowongan kerja yang relevan dan sesuai dengan keahlianmu. Ikuti 9 tips mencari pekerjaan lewat LinkedIn berikut ini untuk memaksimalkan profilmu supaya HRD kepincut.

1. Mengubah Pengaturan Profil

9 Tips Mencari Pekerjaan Lewat LinkedIn LinkedIn

Dengan pengaturan yang fleksibel, kamu bisa mengaktifkan untuk memberitahu para recruiter bahwa kamu terbuka dengan pekerjaan baru. Cara mengaktifkan fitur yang satu ini cukup mudah, Pilih AccountSetting & PrivacyJob Seeking Preferences.

2. Pilih Bidang Yang Ditekuni

Dengan memilih bidang yang ditekuni, kamu dapat dengan mudah mengisi profil LinkedIn yang nantinya akan menghubungkan kamu dengan recruiter di perusahaan yang tepat dan sesuai dengan keinginan kamu.

3. Mengubah Headline

Headline atau jabatan yang tertera di bagian bawah nama kamu nantinya akan membuat mudah diidentifikasi oleh para recruiter. Maka dari itu, kamu perlu mengisinya sesuai dengan posisi yang kamu incar atau pun sedang kamu jabat saat ini.

Baca juga:  Profesi Yang Sulit Digantikan Artificial Intelligence (AI)

4. Memiliki Profil Dan Informasi Yang Konsisten

Pastikan semua informasi yang kamu tuliskan pada profil merupakan informasi yang jelas dan benar adanya. Karena recruiter dapat mendeteksi kebohongan yang kamu buat.

5. Mencantumkan Portofolio Atau Website

9 Tips Mencari Pekerjaan Lewat LinkedIn tips linkedIn2

Dengan mencantumkan portofolio ataupun website di profil, akan menjadi daya tarik dan nilai lebih yang akan dilihat oleh recruiter.

6. Membuat Elevator Pitch

Ada tiga pertanyaan yang bisa kamu jadikan panduan dalam membuat elevator pitch.

  • Apa saja value yang bisa kamu berikan untuk perusahaan?
  • Menuliskan kata kunci yang relevan agar profilmu mudah ditemui recruiter?
  • Apa yang membuatmu berbeda?

7. Mengumpulkan Endorsement

Dengan mengumpulkan endorsement menjadi salah satu cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn yang bisa kamu lakukan. Karena recruiter akan merasa yakin dengan kemampuan yang kamu miliki, baik itu kemampuan marketing, public speaking, manajemen ataupun microsoft office.

Baca juga:  Paling Update, Ini Gaji UMP Jakarta 2021 yang Termasuk Gede!

8. Pilih Kata Kunci Yang Relevan

9 Tips Mencari Pekerjaan Lewat LinkedIn tips linkedIn3

Dengan menuliskan kata kunci yang sesuai dengan bidang yang kamu geluti saat ini, memudahkan recruiter menemukan kamu untuk posisi yang sesuai.

9. Selalu Perbaharui Profil

Pastikan bahwa selalu memperbaharui profil LinkedIn. Kamu mungkin memiliki pengalaman kerja, pelatihan ataupun pencapaian yang baru kamu dapatkan.

  • Bagikan