Antisipasi Bahaya Scam Dengan Cara Berikut Ini

  • Bagikan
Antisipasi Bahaya Scam Dengan Cara Berikut Ini Antisipasi SCAM

Sudahkah kalian waspada dengan bahaya SCAM? Di era digital seperti sekarang, saat semua bisa dilakukan serba online, kerahasiaan akun pribadi sangatlah penting. Apalagi semenjak masa pandemi, bekerja pun dilakukan secara online, sehingga kewaspadaan digital pun perlu ditingkatkan. Tapi masih ada beberapa orang yang masih belum sadar akan bahaya dari scam.

Apa itu SCAM? Scam merupakan sebuah situasi di mana sang pelaku menipu sang korban untuk memberikan kode angka atau informasi pribadi (kebanyakan dengan alasan urgent) sehingga sang pelaku bisa mengakses akun pribadi korban.

Kalian sadar begitu bahayanya apabila akun pribadi kita bila berhasil diakses orang lain kan? Nah berikut ini adalah beberapa cara antisipasi bahaya Scam dengan cara berikut ini, kita lihat ulasannya yuk!

1. Go Incognito

Antisipasi Bahaya Scam Dengan Cara Berikut Ini Ignito
mode ignito pada google chrome

Disaat kalian lagi melaksanakan transaksi online dengan menggunakan Wifi, jangan langsung membuka browser serta langsung melakukan transaksi begitu saja.

  • Aktifkan halaman incognito terlebih dahulu.
  • Kemudian yakinkan page yang kalian kunjungi bertuliskan “https://” dan bukan “http://” sebab huruf “S” pada alamat tersebut menampilkan bahwa website tersebut secure atau aman.

Amati pula, apakah ada ikon kunci gembok di sebelah kiri tulisan “https://”. Bila ya, berarti page tersebut mempunyai sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) serta aman untuk melaksanakan transaksi online.

2. Set Up Real-Time Alerts

Jika kalian termasuk salah satu orang yang belum mengaktifkan pesan notifikasi, hendaknya hubungi bank yang menerbitkan kartu kredit kalian saat ini, serta minta mereka mengaktifkan notifikasi real-time melalui E-mail ataupun pesan SMS.

Baca juga:  Profesi Bergaji Miliaran Tapi Work From Home

Dengan begitu, tiap kali kalian akan melakukan transaksi baik secara online maupun tidak, kalian akan langsung menerima pesan konfirmasi dari pihak bank. Apabila kalian menerima pesan saat kalian tidak melakukan transaksi apapun, minta kartu kalian diblokir secepatnya. Mendatangi bagian customer service serta jelaskan kejadian tersebut.

3. Jangan Bagikan Detail Bank Ke Media Sosial

Pernahkah kalian mengirimkan nomor rekening kalian pada teman lewat pesan di media sosial seperti facebook atau twitter? Meski dilengkapi dengan kata sandi, namun data dari media sosial tetap riskan untuk diretas (hack). Jika kalian harus mengirim nomor rekening atau kartu kredit lewat media sosial, sebaiknya lakukan lewat pesan gambar lalu hapus gambar tersebut setelahnya.

Baca juga:  Ini Alasan Mengapa Kasus Cyber Crime Di Indonesia Tertinggi Di Dunia

Cara lainnya, kelabui dengan menambahkan angka atau huruf tambahan (contoh: menambahkan 567AA di bagian belakan) atau kirimkan angkanya dalam dua atau tiga pesan dibanding satu pesan sekaligus. Setelahnya, jangan lupa untuk menghapus pesan tersebut. Memang merepotkan, namun hal ini penting untuk menjaga informasi pribadi kamu tetap aman.

4. Selalu Menggunakan Antivirus

Antisipasi Bahaya Scam Dengan Cara Berikut Ini avast free 1

Untuk melindungi Ponsel, PC, Laptop kalian dari phishing, malware ataupun fraud, selalu download serta aktifkan aplikasi antivirus. Program antivirus menolong mengetahui serta melenyapkan spyware yang berpotensi mencuri data sensitif sehubungan dengan informasi individu kalian.

Avira serta McAfee dapat jadi opsi yang lumayan baik untuk ponsel keluaran Apple, sebaliknya Avast serta AVG diketahui sangat baik untuk PC windows maupun Ponsel Android.

  • Bagikan