Apa Itu Cache di Android? Berikut Fungsi dan Penjelasannya

  • Bagikan
Apa Itu Cache di Android? Berikut Fungsi dan Penjelasannya Cache pada Android 1

tekno, – Dalam dunia digital saat ini setiap orang pasti menggunakan internet sebagai penunjang informasi. Baik dari komputer menggunakan browser maupun menggunakan smartphone Android. 

Namun tahukah kalian bahwa ketika menggunakan browser maupun aplikasi android pada smartphone ada istilah yang dinamakan dengan Cache. 

Tetapi, apakah kamu sudah benar-benar tau apa itu cache dan apa gunanya? Harus atau tidak untuk menghapusnya? Nah, berikut ini penjelasan apa itu cache, apa fungsinya, dan apakah perlu dihapus. Langsung simak dibawah ini!

Apa itu Cache Pada Android ?

Definisi Cache pada smartphone adalah data yang disimpan sementara di memori telepon ketika Anda menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Misalnya, kamu membuka aplikasi browser, lalu kamu mengakses situs website yang ada di browser. contoh: kamu membuka situs tekno.detakhukum.com

Selanjutnya, kamu keluar aplikasi browser tersebut dan di waktu berbeda kamu membuka nya lagi nah tampilan kedua tersebut telah termasuk kedalam cache pada smartphone android kamu pasalnya tampilan membuka website tersebut akan lebih cepat.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Gagal Menjadi Programmer

Tidak jauh berbeda jika dalam browser komputer Cache adalah proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server.

Secara sederhana, cache adalah teknologi yang membantu menampilkan halaman website lebih cepat. Berbeda dengan cookies yang merekam jejak dan aktivitas pengguna ketika berselancar di internet.

Fungsi dari Cache ?

Apakah fungsi dari cache itu? Fungsinya adalah untuk membantu membuat aplikasi berjalan lebih efisien karena data-datanya telah disimpan secara lokal di aplikasi.

Pada browser, data cache adalah informasi yang akan membuat situs menjadi dimuat lebih cepat karena menggunakan data yang sebelumnya sudah disimpan di folder local browser.

Seperti contoh, kamu mengakses suatu situs atau blog yang mengandung banyak gambar, sehingga browser mencache elemen-elemen di halaman tersebut yang hanya perlu didownload sekali.

Baca juga:  5 Cara Dapat Duit Dari Konten Buat Content Creator

Kamu pastinya juga akan meninggalkan suatu situs jika situs itu dimuat dengan sangat lama untuk menampilkannya, bukan? Oleh karenanya sistem cache itu sangat penting untuk meningkatkan pengalaman user dalam meng aksesnya.

Apakah Data Cache Perlu Dihapus ?

Pertanyaan yang selanjutnya adalah apakah data cache itu perlu untuk dihapus? Cache memang sangatlah bermanfaat untuk efisiensi dan kecepatan smartphone dalam mengakses aplikasi.

Tetapi, apakah data cache yang terlalu besar itu justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Disebabkan, cache yang memakan memori internal, apalagi jika datanya itu besar dan banyak.

Jadi, sebaiknya kamu itu menghapus data cache secara rutin. Tidak perlu setiap hari, kamu cukup melakukannya seminggu sekali aja.

Atau, disaat kamu merasakan smartphone kamu mulai lemot kinerjanya, kamu bisa langsung mencoba menghapus data cache untuk membantu mengurangi data yang tidak penting di memori internal.

Menghapus Cache di Smartphone

Kelebihan dari melakukan penghapusan cache itu dapat membantu memulihkan aplikasi yang tadinya error menjadi normal kembalil. Bagaimanakah caranya? Simak dibawah ini!

Baca juga:  Cobain Nih 4 Game Asyik Bikin Skill Pemrograman Jadi Top Global

1. Melalui Pengaturan

Apa Itu Cache di Android? Berikut Fungsi dan Penjelasannya cara hapus cache

2. Menggunakan Aplikasi Cache

Selain secara manual tadi, ada juga cara menghapus cache di Smartphone dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tentunya aplikasi ini tidak hanya berguna untuk menghapus cache saja, tapi bisa juga untuk membersihkan RAM sehingga Smartphone kamu tidak akan lemot.

Lalu, Apa saja rekomendasi aplikasi terbaik untuk membersihkan cache pada Smartphone dan Komputer? Berikut daftarnya!

1. Untuk Smartphone

2. Untuk Komputer (PC/Laptop)

  • Piriform CCleaner
  • IObit Advanced SystemCare
  • Razer Cortex: Game Booster
  • Bleachbit
  • Wise Cleaner

Itulah penjelasan singkat mengenai Apa itu Cache di Android? Berikut Fungsi dan Penjelasannya. Tips singkat nya yaitu dengan rutin menghapus cache, Smartphone supaya tidak lemot ya.

Tentunya, kamu bisa menghapus cache secara manual maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa bisa membantu smartphone kamu supaya tetap maksimal dan cepat.

  • Bagikan