Apa itu NFC Pada Smartphone, Fitur dan Fungsinya apa?

  • Bagikan
Apa itu NFC Pada Smartphone, Fitur dan Fungsinya apa? NFC

Penggemar gadget pasti sudah tidak asing dengan NFC. Fitur ini memang mulai banyak tersemat di beberapa ponsel, khususnya ponsel di kelas mid-range dan flagship. NFC mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Samsung Pay atau Apple Pay.

Meski tidak sedikit smartphone memilikinya, tidak semua orang tahu apa itu NFC. NFC biasanya ditanamkan pada beberapa jenis atau merk smartphone, fitur ini sendiri membuat smartphone memiliki beberapa keunggulan dalam mengakses perangkat lain seperti halnya Bluetooth. Akan tetapi, NFC jauh lebih baik dari pada Bluetooth.

Apa Itu NFC?

NFC merupakan singkatan dari “Near Field Communication” atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Fitur NFC ditemukan dan dipatenkan oleh seorang bernama Charles Walton pada tahun 1983. Pada pengembangan lebih lanjut dari RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih dulu ditemukan.

Baca juga:  Pindah Dari Android ke iPhone? Inilah 9 Perbedaan yang Perlu Kamu Ketahui

Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal. Ada dua jenis perangkat yang kompatibel dengan NFC, yakni perangkat pasif dan aktif.

Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa membutuhkan daya.

Perangkat jenis ini tidak perlu mengelola informasi yang diterima dari perangkat lain. Mereka juga bersifat dependen alias membutuhkan perangkat aktif untuk bisa terhubung.

Sementara perangkat NFC aktif bisa mengirim maupun menerima data. Contoh paling umum adalah smartphone yang telah dilengkapi fitur NFC. Ada pula pembaca kartu yang tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

Baca juga:  5 Aplikasi Buat Edit Suara Di HP, Dijamin Mudah!

Selain melakukan pembayaran lewat terminal Samsung Pay atau Apple Pay tadi, smartphone yang dilengkapi NFC pun bisa digunakan untuk membaca saldo tersisa sekaligus mengisi ulang kartu uang elektronik, cukup dengan menempelkan kartu ke punggung ponsel.

Namun NFC sendiri sebenarnya punya lebih banyak kegunaan. Berikut ini adalah fungsi NFC.

  1. NFC dapat digunakan untuk mengirim berbagai file dari satu perangkat lain. Dengan cukup mendekatkan perangkatnya dengan perangkat lain yang juga didukung dengan teknologi NFC.
  2. Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital atau Cashless.
  3. Dengan menggunakan fitur NFC, sobat bisa melakukan cek saldo dan Top up dari kartu E-Toll atau E-Money.

Cara Transfer File Dengan NFC

Apa itu NFC Pada Smartphone, Fitur dan Fungsinya apa? 181667723 1662668377263689 923524526181301583 n

Pastikan smartphone sobat sudah ada fitur NFC ya! Scroll layar ke bawah, cari icon NFC. Hidupkan!

Baca juga:  5 Tips Memilih Smartphone Murah Kualitas Terbaik

Setelah itu untuk transfer file, sobat perlu dekatkan smartphone lawan yang ada NFC juga, pilih file dan kirim seperti bluetooth.

Cara Bayar Pakai NFC

Apa itu NFC Pada Smartphone, Fitur dan Fungsinya apa? 182396016 456842105610226 4789241205568728020 n

Sebelumnya atur dulu di NFC and Payment, aktifkan!

Nah cara gunakannya hanya dengan mendekatkan smartphone sobat ke mesin debit. Mirip seperti scan barcode sob tapi gak perlu buka kamera!.

Cara Cek Saldo E-Toll Pakai NFC

Apa itu NFC Pada Smartphone, Fitur dan Fungsinya apa? 181483395 2965045947150590 2283939185559113024 n

Sebelum cek saldo kamu perlu download aplikasi cek saldo menurut Bank atau provider tertentu sob misal Mandiri ya pakai Aplikasi khusus cek saldo Bank Mandiri di playstore. Nah tinggal tempel kartu di bagian belakang smartphone dan keluar dah tu CS ngucapin nominalnya hehe.

  • Bagikan