Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya

  • Bagikan
Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya Apa itu plugin WordPress

Jika kamu baru saja mengenal WordPress, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa itu plugin WordPress dan apa tujuannya.

Ini pertanyaan yang cukup umum untuk ditanyakan karena plugin adalah bagian penting dari ekosistem WordPress. Mereka sangat penting jika kamu ingin membangun situs web dengan WordPress.

Pada artikel ini, mimin akanmenjelaskan apa itu plugin WordPress, apa tujuannya di situs web, dan cara kerjanya. Kemudian, mimin akan memberi kamu beberapa tips tentang cara menambahkan plugin ke situs kamu dan mengelolanya dengan benar. Mari kita pahami pada penjelasan berikut ini!

Apa itu plugin WordPress?

WordPress adalah solusi mudah untuk blogging dan CMS yang sangat dasar. Oleh karena itu, kamu memerlukan plugin untuk menyempurnakan rangkaian fitur yang ada atau menambahkan fitur baru ke situs kamu.

Plugin WordPress ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan biasanya terdiri dari sejumlah file PHP dan JavaScript.

Ada ribuan yang gratis tersedia di repository WordPress. Ada juga banyak plugin komersial yang tersedia dari vendor dan developer software dari pihak ketiga. Karena banyaknya plugin, kamu harus melakukan sedikit wawasan untuk mencari plugin baru. Kamu perlu mempelajari cara terbaik memilih plugin WordPress yang tepat untuk situs web kamu .

Hal dasar yang perlu kamu ketahui dari Plugin WordPress

Kamu tidak perlu menjadi developer atau ahli WordPress untuk menggunakan plugin. Namun, ada beberapa detail dasar yang harus kamu ketahui, agar kamu dapat memecahkan masalah, lakukan beberapa penyesuaian dasar, atau hubungi developer untuk mendapatkan support dari plugin tersebut.

  • Plugin selalu dipasang di /wp-content/plugins/ directory
  • Plugin yang menggunakan media seperti gambar dan video menyimpannya di /wp-content/uploads/ directory. Misalnya tangkapan layar produk untuk plugin e-niaga.
  • Direktori unggahan juga biasanya digunakan oleh plugin untuk menyimpan jenis data lain seperti laporan, file log, dan jenis file lainnya.
  • Meskipun ini bukan praktik terbaik, beberapa plugin menyimpan data tersebut di direktori instalasinya sendiri.
  • Kebanyakan plugin menyimpan pengaturan di tabel wp_options . Ini adalah tabel di database WordPress, yang dimana tempat WordPress menyimpan pengaturannya sendiri.
  • Beberapa plugin membuat tabel di database pada WordPress untuk menyimpan pengaturannya sendiri dan data lainnya. Misalnya, plugin log aktivitas mereka membuat tabelnya sendiri untuk menyimpan log aktivitas WordPress di dalamnya.
Baca juga:  Cara Mudah Memasang Lazy Load Adsense di Wordpress

Catatan : Melalui kustomisasi memungkinkan juga untuk mengubah lokasi dan nama direktori wp-content dan uploads .

Apa yang dapat kamu lakukan dengan plugin WordPress?

Keunikan WordPress adalah bahwa pengguna dan administrator situs dapat dengan mudah menambahkan fitur ke situs web mereka tanpa mengetahui satu baris kode apapun. Dengan plugin, kamu dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Misalnya, kamu dapat:

  • Membangun situs e-commerce yang hebat
  • Membuat situs membership atau club website
  • Membuat situs galeri foto atau situs web berita
  • Membuat situs pencarian kerja atau jenis forum lainnya
  • Membuat blog tentang niche apa pun yang kamu sukai

Plugin juga digunakan untuk membantu kamu mengelola dan memelihara situs web kamu, dan mengotomatiskan beberapa tugas. Misalnya, kamu dapat menggunakan plugin untuk:

  • Melakukan kompres gambar secara otomatis setelah diunggah,
  • Mengirim email ke pengguna atau anggota situs yang baru dibuat,
  • Memperkuat keamanan situs WordPress kamu (misalnya dengan menambahkan otentikasi dua faktor (2FA) ke halaman login WordPress dan menambahkan firewall WordPress)
  • Mencatat semua yang terjadi di situs web kamu di log aktivitas WordPress
  • Menerapkan kebijakan kata sandi yang kuat di WordPress
  • Dan banyak lagi!

Jika kamu perlu menambahkan fungsionalitas baru ke situs web kamu, kemungkinan besar sudah ada plugin untuk itu. Cukup buka direktori plugin WordPress dan kamu bisa mencarinya disana.

Bagaimana cara kerja plugin WordPress?

Perlu kamu ketahui bahwasanya menggunakan plugin tidak mengubah file inti di dalam WordPress. Plugin sendiri terintegrasi dengan sistem WordPress kamu dengan “hooking” di tempat-tempat tertentu dan berjalan di atas WordPress.

Sebagai administrator situs WordPress, kamu dapat menginstal dan menghapus plugin, dan mengaktifkan ataupun menonaktifkannya. Sebagai praktik terbaik keamanan, selalu nonaktifkan dan hapus instalan (hapus) semua plugin yang tidak digunakan. Jika kamu tidak menggunakannya, sebaiknya hapus saja.

Menemukan dan mengelola plugin WordPress untuk situs web kamu

Sekarang kita telah membahas apa itu plugin WordPress, mari kita lanjutkan untuk melihat di mana kamu dapat menemukannya dan bagaimana kamu dapat menambahkannya ke situs WordPress kamu.

Dimana dapat menemukan Plugin WordPress

Kamu dapat menemukannya dengan beberapa cara berbeda, tergantung pada apakah kamu menginginkan plugin gratis atau premium.

Dengan plugin gratis, setelah instalasi pada dasarnya kamu menggunakan plugin tanpa membayar apapun. Terkadang fitur tertentu dapat dikunci kecuali kamu mendapatkan versi premium. Hal baiknya adalah sebagian besar plugin premium memiliki edisi gratis atau menawarkan uji coba gratis, sehingga kamu dapat dengan mudah menguji air dan melihat cara kerja plugin sebelum kamu membayar apa pun.

Berikut ini merupakan tiga tempat paling populer menemukan plugin:

Baca juga:  Cara Membatasi Jumlah Kata Pada Judul Posting di WordPress dengan Word Count

1. WordPress.org – direktori plugin WordPress resmi

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya repositori WordPress

Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan plugin gratis. Kamu dapat menemukan plugin WordPress dengan mengunjungi direktori plugin WordPress.org :

Kamu juga dapat mengakses direktori yang sama dari area admin WordPress kamu. Cukup buka Plugins » Add New page dan cari dengan menulis nama plugin yang kamu ingin gunakan.

2. CodeCanyon – khusus premium

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya CodeCanyon

Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan plugin premium. Kamu dapat menemukan plugin WordPress dengan mengunjungi situs CodeCanyon.

3. Developer pihak ketiga

Developer yang menjual plugin melalui situs mereka sendiri. Misalnya, kamu dapat memeriksa Plugin WordPress eCommerce Membership Affiliasi untuk WordPress .

Apa yang harus diperhatikan sebelum memasang plugin WordPress

Karena banyaknya plugin bahkan ada sampai puluhan ribu plugin yang berbeda, kamu perlu melakukan beberapa wawasan atau pengetahuan singkat sebelum menginstal dan menguji plugin baru.

Sebagai alasan keamanan terbaik, kamu tidak boleh memasang sembarang plugin, karena saat kamu memasang plugin WordPress baru kamu akan menambahkan kode pihak ketiga ke situs web. Itulah mengapa kamu perlu berhati-hati tentang plugin mana yang kamu instal pada situs WordPress.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara terbaik saat memilih plugin, baca panduan terperinci berikut tentang Cara memilih plugin WordPress terbaik untuk situs web kamu .

Atau kamu juga bisa mencari referensi rekomendasi plugin, review dan tutorial di situs seperti WPBeginner.com. Mereka memiliki bagian di mana kamu dapat menemukan yang terbaik yang mereka uji dan bahas.

Cara Memasang Plugin WordPress

Di bawah ini mimin telah merangkum beberapa cara paling umum untuk menambahkan plugin ke situs WordPress kamu.

1. Menginstal Plugin WordPress melalui Dasbor

Menginstal plugin dari dalam dashboard WordPress kamu adalah salah satu cara termudah untuk mengaktifkan dan menjalankannya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke bagian plugin di dashboard kamu dan klik “Tambah Baru“.

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya instal pertama plugin

Kamu kemudian dapat mencari plugin yang ingin kamu instal. Dalam hal ini, mimin akan mendemonstrasikan cara menginstal plugin WP Activity Log. Setelah kamu menemukan plugin yang tepat, klik ” Instal sekarang“.

Kemudian klik “Aktifkan“.

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya aktifkan plugin

Dan itu dia! Plugin baru kamu sekarang telah diinstal, diaktifkan, dan siap digunakan.

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengkonfigurasi pengaturan plugin. Pengaturan untuk setiap plugin akan bervariasi sehingga mimin tidak akan membahasnya di posting ini.

2. Menginstal plugin WordPress melalui Admin Plugin Upload

Contoh kali ini kita akan memasang plugin yang berbayar atau premium dan tidak terdaftar di repository plugin WordPress.

Itulah mengapa ada metode lain untuk memasang plugin semacam itu. Pertama, kamu perlu mengunduh plugin dari sumbernya. Plugin selalu dalam format file zip. Selanjutnya, navigasikan ke area admin WordPress dan klik Plugins » Tambah Baru (Add New).

Baca juga:  Cara Membuat Database MySQL untuk WordPress
Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya tambah plugin

Kemudian klik tombol “Unggah Plugin” di bagian atas halaman.

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya tambah plugin 2

Di layar berikutnya, Choose file ZIP plugin kamu langsung ke WordPress. Cukup pilih file ZIP dari PC kamu dan konfirmasi dengan mengklik “Instal Sekarang “.

Setelah penginstalan selesai kamu akan melihat pesan seperti ini:

Apa itu plugin WordPress? Cara Kerja dan Cara Memasangnya tambah plugin 3

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah mengklik tombol “Aktifkan Plugin” dan selesai, plugin yang kamu pasang sudah siap untuk digunakan.

Catatan: kamu juga dapat menginstal plugin gratis menggunakan metode ini, jadi terserah kamu untuk memilih mana yang paling sesuai untuk kamu.

Pertanyaan yang sering diajukan

Berapa banyak plugin yang dapat saya instal di situs WordPress saya?

Banyak pengguna khawatir bahwa terlalu banyak plugin akan memperlambat situs web mereka. Namun, ini hanyalah kesalahpahaman. Plugin tidak memperlambat situs web kamu, yang berkode buruk dapat melakukannya.

Tidak ada batasan berapa banyak kamu dapat menginstal di situs WordPress. Namun, hanya instal plugin yang kamu butuhkan dan pastikan hosting web kamu memiliki sumber daya yang cukup agar situs web kamu berjalan efisien.

Bisakah saya mendapatkan dukungan untuk plugin WordPress gratis?

Semua yang gratis yang dihosting di repository plugin WordPress memiliki forum dukungan. Jadi jika kamu mengalami masalah apapun, posting di forum dukungan. Namun, dukungan untuk plugin gratis tidak dijamin. Itu sangat tergantung pada pengembangnya.

Haruskah saya membeli plugin WordPress premium?

Sebagai aturan praktis, plugin premium memiliki lebih banyak fitur daripada plugin gratis, dan mereka juga menyertakan dukungan premium. Jadi jawaban atas pertanyaan ini sangat tergantung pada kebutuhan kamu. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri kamu untuk membantu kamu membuat keputusan ini:

Apakah kamu membutuhkan fitur premium?

Apakah kamu memerlukan dukungan atau support saat menggunakan plugin?

Apakah kamu mengharapkan pembaruan rutin dan plugin selalu diperbarui?

Jika jawaban atas salah satu pertanyaan di atas adalah ya, maka kamu harus membeli plugin edisi premium. Saat kamu membeli edisi premium plugin, kamu tidak hanya membayar untuk semua hal di atas, tetapi kamu juga membantu pengembang untuk memelihara dan mengembangkan plugin lebih lanjut, dan memastikan masa depan plugin.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai apa itu plugin WordPress? cara kerja dan cara memasangnya dan bagaimana plugin tersebut dapat membantu kamu membangun situs web dan solusi bisnis terbaik bersama WordPress yang hebat. Mimin harap ini membantu kamu untuk memulai.

  • Bagikan