Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya?

  • Bagikan
Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya? iphoneios146

Sobat tekno – Setelah bertahun-tahun Apple iOS tetap bertahan pada tampilannya elegannya yang tidak jauh berbeda. Kali ini, kabarnya sistem operasi terbarunya yakni iOS 14 bakal memiliki versi baru yang menjadi sorotan dengan menawarkan perubahan dan membuat semua perbedaan pada pendahulunya. Berikut ini beberapa fitur terbaru dari iOS14 dikutip dari toduceller.

1. Homescreen baru yang terinspirasi oleh Windows Phone

Dimulai dengan desain halaman beranda, Apple sekarang mengimplementasikan widget di antara ikon-ikon aplikasi, untuk lebih mempersonalisasi homescreen ponsel iPhone. Tidak dapat dihindari untuk melihat fungsionalitas baru dan tidak melihat kesamaan besar dengan fitur Blok Dinamis yang memulai debutnya dengan Windows Phone 7 dan masih diimplementasikan hari ini dengan Windows 10.

Pengguna akan dapat menyeret widget langsung dari layar “galeri widget” atau memilih saat mengedit layar beranda tempat semua ikon menari. Ada juga widget baru “Smart Stack”, di mana kartu dengan 4 kolom dengan 2 baris mengubah widget tergantung pada kebutuhan, bergantian antara kalender, jam, cuaca, email, foto, dan lainnya yang dapat Anda pilih sebelumnya.

Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya? iphoneios141
layar beranda iOS 14 baru dilengkapi widget lebar yang pasti menyerupai Windows Phone.

2. Tampilan Laci icon yang tidak inginkan di layar beranda (seperti di Android)

Baca juga:  5 Keunggulan Pada USB Type C yang Jarang di Ketahui

Hal baru lainnya adalah “galeri aplikasi” (Galeri Aplikasi), yang secara otomatis mengatur seluruh daftar aplikasi Anda sehingga Anda tidak tersesat di banyak halaman yang dibuat di layar beranda, yang sekarang lebih dapat disesuaikan daripada sebelumnya.

Selain dapat memilih jumlah halaman yang terlihat di layar awal, saat meninggalkan aplikasi di layar lain, iOS 14 menyatukan semuanya di galeri aplikasi, menciptakan semacam “drawer” bagi mereka yang tidak ada di layar beranda, sesuatu yang terjadi di Android sejak konsepsi.

Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya? iphoneios143
Mode Picture in picture (PIP) iOS 14 membawa fungsionalitas dari macOS dan Android ke iPhone.

3. Mode picture in picture MacOS dan aplikasi terjemahan

Berita besar lainnya adalah untuk mode picture in picture untuk video di iOS. Seperti halnya macOS, Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela mengambang dan bahkan menyembunyikannya jika Anda ingin hanya suara yang diputar, membiarkan video diputar di latar belakang, tetapi suara tetap diputar.

Apple juga telah menambahkan aplikasi terjemahan khusus, di mana ia memungkinkan pengguna untuk mengobrol dalam bahasa asli mereka sementara terjemahan muncul segera di layar smartphone sehingga orang lain dapat mengerti dan merespons. dan itu tersedia dalam 11 bahasa: Portugis, Inggris, Mandarin, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, dan Rusia.

Baca juga:  9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Siri yang didesain ulang

Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya? iphoneios142

Percakapan dengan Siri tidak akan lagi sama. Alih-alih menghadirkan layar kusam yang sama selama bertahun-tahun, sekarang asisten virtual iOS tiba dalam format yang lebih berbeda: pengguna hanya perlu mengaktifkannya agar gelembung muncul dan, tergantung pada konten jawabannya, Siri akan menyajikan saran yang berbeda .

Seperti misalnya ketika mempertanyakan cuaca, semacam pemberitahuan singkat akan muncul di bagian atas layar untuk menunjukkan hasilnya sejenak, disertai dengan respons suara.

5. Aplikasi pihak ketiga akhirnya dapat ditetapkan sebagai default

Salah satu fitur yang paling didambakan dari sistem operasi lain adalah fungsi mengubah email standar, pesan, browser, peta dan banyak aplikasi lainnya.

Fungsi ini sangat mirip dengan Android dan Windows 10: jika Anda tidak suka cara kerja aplikasi asli, mulai sekarang Anda dapat memilih antara aplikasi yang didownload lainnya untuk mengelola fitur.

Baca juga:  Deretan Ponsel Apple Ini Bakal Dapat iOS 14?

Ada juga “App Clip” baru, semacam jalan pintas sehingga Anda dapat menggunakan fitur atau layanan aplikasi tanpa harus mendownloadnya. Hal baru ini memiliki dukungan untuk tag NFC dan kode QR visual-core.

Aplikasi CarPlay juga mendapatkan peningkatan: dengan kedatangan iOS 14, memungkinkan aplikasi yang dapat disesuaikan dan kategori aplikasi baru seperti aplikasi parkir, pengisi daya dan makanan cepat saji. Kunci melalui NFC juga dimungkinkan pada kendaraan yang diaktifkan, dengan BMW 5 Series 2021 menjadi model pertama yang memiliki fitur: bawa smartphone lebih dekat ke mobil untuk membukanya.

Apple umumkan sistem operasi iOS 14 terbaru, Apa saja fiturnya? iphoneios145
Sekarang rute sepeda menunjukkan ketinggian peregangan, peringatan untuk tangga dan akses ke jalur dengan trek sepeda dan banyak lagi.

6. Perubahan baru pada Messages dan Apple maps

Di iOS 14 Apple juga memperkenalkan perubahan pada Pesan. Sekarang kontak atau percakapan terpenting Anda dapat diakses dengan lebih mudah dengan menyematkan ke atas, sesuatu yang biasa kita lihat pada aplikasi obrolan lain seperti Telegram dan WhatsApp.

Apple Maps juga menerima sejumlah perbaikan: mulai sekarang, pengguna akan dapat melihat panduan rekomendasi untuk menemukan lingkungan baru.

Selain itu, dukungan untuk rute sepeda akhirnya ditambahkan, dengan arah dan informasi terperinci seperti ketinggian, jalur, tangga dan banyak lagi. Untuk saat ini, kebaruan ini eksklusif untuk kota-kota New York, Los Angeles, Wilayah Teluk San Francisco, Shanghai dan Beijing.

  • Bagikan