Cara Amankan Akun Google Supaya Tidak di Hack

  • Bagikan
Cara Amankan Akun Google Supaya Tidak di Hack cara mengamankan akun google 1

tekno, Tips – Zaman digital sekarang ini orang melakukan komunikasi menggunakan smartphone, didalamnya Google menjadi bagian penting ter khusus pengguna smartphone Android. Karena di dalamnya tersinkronisasi beberapa hal seperti kontak nomor, pesan, e-mail, akun playstore, game dan lainnya. Jadi, hal tersebut adalah hal yang perlu dilakukan.

Dilansir dari Computer World, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengamankan akun Google kalian.

1. Mengganti password akun Google milik kamu

Mulai dari yang terlihat sepele tapi penting, biasanya password yang kamu gunakan menggunakan nama milikmu atau orang terdekat, ulang tahun, alamat jalan rumah, atau yang mudah untuk diretas.

Apa password menggunakan kata yang umum dan mudah ditebak menggunakan pola?

Apa password akun Google kamu terbilang pendek?

Apa password akun Google digunakan juga untuk sign in di aplikasi, web, atau layanan lain?

Jika di atas jawabannya mayoritas iya, langkah terbaik adalah dengan segera mengganti password milik kamu dengan mengkombinasikan huruf dan angka (mulai dari simbol, huruf besar, kecil ditambah dengan angka).

2. Gunakan 2nd Verifikasi Kode

Baca juga:  5 Prospek Kerja Teknik Informatika Paling Populer
Cara Amankan Akun Google Supaya Tidak di Hack 2nd verifikasi kode
Cara mengaktifkan 2nd verifikasi Google

Setelah memiliki password yang kuat, tetap ada kemungkinan seseorang bisa menyusup. Namun kamu bisa mencegahnya dengan two-factor authentication pada akun.

3. Akses untuk third-party menggunakan Google account

Cara Amankan Akun Google Supaya Tidak di Hack Akses untuk third party
Akses untuk third-party menggunakan Google account.

Review lagi layanan third-party yang menggunakan akses akun Google kamu Ketika kamu berinteraksi menggunakan Google dengan cara tertentu baik ponsel atau komputer, bahkan di dalam layanan Google seperti Gmail atau Documents, aplikasi itu mendapatkan tingkat akses tertentu ke data akun Google.

Bergantung pada situasinya, aktivitas dalam layanan Google tertentu bisa dilihat seperti Google Calendar atau Google Drive bahkan seluruhnya. Nah karena itu kunjungi akses aplikasi pihak ketiga Google dan lihat daftar layanan yang terhubung. Jika kamu melihat sesuatu di sana yang tidak lagi kamu gunakan atau tidak dikenal, klik tombol untuk menghapusnya.

4. Pastikan lagi app permissions pada ponsel

Baca juga:  Mainboard atau Motherboard. Apa itu?

Jika kamu menggunakan Android, ada beberapa permission yang bisa terhubung dengan Google Calendar, Contacts, atau data akun milikmu. Sekarang, masuk ke bagian Privacy pada sistem pengaturan ponsel dan pilih ‘permission manager’ (tiap ponsel bisa berbeda tergantung versi Android).

5. Pertimbangkan Memakai Advanced Protection Program?

Google menawarkan tingkatan pengamanan akun Google yang lebih ketat dengan program ini. Program ini biasanya digunakan oleh orang dengan kebutuhan perlindungan data lebih seperti pemimpin bisnis, admin IT, aktivis, atau jurnalis.

Namun ada beberapa hal yang jadi pertimbangan juga, akun Google kamu tidak akan dapat menghubungkan sebagian besar third-party aplikasi termasuk yang membutuhkan akses ke Gmail atau Google Drive untuk dapat beroperasi. Itu dapat menciptakan beberapa kenyamanan (seperti masuk ke perangkat TV Android). Ya kalau keamanan data lebih penting, mengapa tidak?

  • Bagikan