Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS)

  • Bagikan
Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS) cara install aaPanel

Apa itu aaPanel?

aaPanel adalah salah satu control panel yang mengelola server melalui Graphic User Interface (GUI) dengan tampilan sederhana tapi powerfull. Mendukung pengguna pemula untuk menyiapkan dan menginstal server Web lengkap hanya dengan satu klik mouse untuk meluncurkan model LNMP / LAMP.

aaPanel hadir untuk membantu para pengguna VPS agar dapat menghemat banyak waktu tentunya dalam instalasi dan membantu pengguna dengan tampilan GUI yang intuitif dan lebih ramah. Saat ini versi terbaru dari aaPanel adalah versi: aaPanel LinuxStable 6.8.7  & Waktu rilis: 2021/01/16.

aaPanel Requirements:

aaPanel membutuhkan persyaratan spesifikasi yang sangat rendah, tentunya dapat memenuhi sebagian besar konfigurasi VPS $5 di upcloud.

  • Ram: Minimum 512MB dan aaPanel merekomendasikan 768MB RAM atau lebih. Di mana panel Pure hanya menggunakan lebih dari 60MB.
  • Disk: Lebih dari 100M ruang hard disk yang tersedia (Panel kontrol menggunakan sekitar 20M ruang disk) jadi mengkonfigurasi VPS 10GB gratis untuk menginstal pengontrol ini.
  • Sistem operasi: CentOS 7.1+, (Ubuntu 16.04+, Debian 9.0)
Baca juga:  Cara Menginstal CyberPanel di VPS Ubuntu 20.04 (UPCLOUD)

Fitur aaPanel

  • Sangat ringan, hanya membutuhkan VPS Linux 512MB untuk digunakan.
  • Mudah digunakan, instal hanya dengan mengklik mouse pada antarmuka
  • Edit PHP, konfigurasi Webserver langsung di antarmuka.
  • Perpustakaan App Store mengintegrasikan berbagai fungsi untuk memudahkan penginstalan Redis, Memcached, Google Drive, cukup dengan satu klik.
  • Manajer file dengan tampilan yang indah serta minimalis, dukungan editor kode.
  • Konfigurasikan keamanan VPS, Webserver Anda klik instal langsung pada antarmuka.
  • Dukungan backup situs web ke Google Drive, Amazon S3, FTP, dan masih banyak lagi.

Cara install aaPanel

Untuk menginstal aaPanel, tentunya kamu perlu memerlukan server Linux (VPS) yang belum menginstal software, aplikasi, dan layanan apa pun. Kemudian kamu dapat mengakses server melalui SSH. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakan SSH, lihat artikel di bawah ini untuk melakukannya. Baca juga Cara menggunakan SSH untuk mengakses VPS

Kemudian jalankan script berikut, pilih script yang sesuai dengan server linux (VPS) kamu.

Di CentOS

yum install -y wget && wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install_6.0_en.sh && bash install.sh

Di Ubuntu / Deepin

wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install-ubuntu_6.0_en.sh && sudo bash install.sh

Di Debian

wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install-ubuntu_6.0_en.sh && bash install.sh

Selama instalasi, sistem akan menanyakan informasi yang kamu pilih sesuai tampilan gambar dibawah ini. Jadi kamu bisa langsung saja memilih Y dan Yes. Update : Mungkin pada instalasi terbaru untuk pilihan SSL untuk panel sekarang tidak ada jadi kamu bisa memilih Y saja untuk yang pertama.

Baca juga:  Cara Membuat Akun FTP dan Menghubungkan Ke aaPanel
Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS) aaPanel Install

Selanjutnya sistem secara akan otomatis menginstal semua paket dari aaPanel, kamu hanya perlu menunggu sekitar 10 hingga 15 menit untuk menyelesaikannya.

Setelah penginstalan selesai, maka tidak akan muncul informasi login administratif. Harap berhati-hati untuk menyimpan informasi ini untuk digunakan. Hal tersebut sangat wajib kamu simpan terlebih lagi kamu baru pertama kali menggunakan aaPanel, jika kamu lupa menyimpan login administratif tersebut, kamu bisa menggunakan perintah BT atau kamu bisa membaca petunjuk di artikel cara mengakses CLI pada aaPanel.

Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS) aaPanel Install 2

Kamu dapat menggunakan informasi seperti gambar diatas untuk dapat mengakses aaPanel melalui browser. Jangan lupa untuk merubah password maupun login setelah kamu berhasil login. Tampilan ketika kamu mengakses pertama kali tidak berbeda dengan gambar dibawah ini.

Baca juga:  Panduan dan Cara Menggunakan File Manager di aaPanel
Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS) aaPanel Instal

Setelah login, sistem akan menampilkan opsi instalasi Web Server yaitu LNMP (1) dan LAMP (2). Jadi kamu bisa melakukan skip saja dan menginstalnya satu persatu melalui App Store pada panel admin.

Di sini mimin merekomendasikan kamu untuk mengatur konfigurasi seperti yang mimin gunakan berikut ini.

  • OpenLiteSpeed 1.6.18
  • MySQL MariaDB 10.4
  • PHP 7.4
  • Phpmyadmin 5.0

Waktu penginstalan akan memakan waktu lama karena kamu akan menginstal setiap komponen untuk melengkapi server web yang lengkap. Jangan khawatir dan tunggu saja.

Cara Install aaPanel di Server Linux (VPS) aaPanel

Kesimpulan

aaPanel merupakan panel alternatif sebagai pengganti cpanel. Panel ini gratis, artinya kamu dapat menginstall aaPanel tanpa harus membayar biaya lisensi sepeserpun.

aaPanel juga menyediakan fungsi satu-klik seperti instalasi satu-klik LNMP / LAMP dan juga pilihan webserver openlitespeed yang menambah pilihan webserver semakin komplit.

Untuk kamu yang sedang mencari VPS murah dan cepat, mimin juga merekomendasikan kamu untuk menggunakan UPCLOUD. Selain itu juga kamu akan mendapatkan bonus tambahan sebesar $25, apabila kamu mendaftar dan menggunakan kode promo berikut D5SR55.

  • Bagikan