Cara Matikan Kecerahan Layar Otomatis di Smartphone Android

  • Bagikan
Cara Matikan Kecerahan Layar Otomatis di Smartphone Android Matikan Kecerahan Layar Otomatis

Smartphone telah menjadi teknologi yang paling pintar pada beberapa tahun terakhir ini. Mereka dapat merasakan lingkungan mereka dan menyesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah pengaturan kecerahan layar otomatis pada smartphone kamu. Saat diaktifkan, kecerahan layar smartphone akan menyesuaikan dengan cahaya sekitar di sekitarmu.

Sensor cahaya yang berada pada perangkat Android dapat mengukur cahaya di sekitarnya dan mengubah kecerahan layar tersebut secara otomatis. Saat kamu berada di bawah sinar matahari, kecerahan meningkat untuk meningkatkan keterbacaan dan ketika kamu berada di ruangan gelap, layar akan redup untuk menghemat daya.

Meskipun fitur ini berguna, mungkin ada saatnya kamu tidak ingin menggunakannya. Alasan paling umum adalah ketidakakuratannya yaitu kecerahan terus berubah atau berkedip secara terus-menerus. Mari kita lihat cara matikan kecerahan layar otomatis di perangkat smartphone Android kamu.

Baca juga:  Mengenal Resolusi Layar Pada HP

Cara Matikan Kecerahan Layar Otomatis

Hampir semua perangkat Android memiliki ikon kecerahan otomatis pada panel notifikasi drop-down, yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan kecerahan otomatis secara langsung. Tetapi untuk yang lain, kamu harus pergi ke pengaturan untuk menonaktifkannya. Mari kita lihat bagaimana caranya.

Sekadar informasi, beberapa model smartphone mungkin menggunakan istilah Kecerahan adaptif alih-alih Kecerahan otomatis. Kami akan menggunakan yang terakhir, tetapi instruksinya tetap sama untuk keduanya.

  1. Buka Pengaturan (Settings).
  2. Klik Tampilan (Display).
  3. Buka Kecerahan otomatis (Auto-brightness) dan klik tombol untuk menonaktifkannya.

Beberapa perangkat mungkin memiliki tampilan UI yang sedikit berbeda. Dalam hal ini, kamu harus pergi ke Display > Brightness-level > Auto-brightness . Sesampai di sana, cukup klik untuk menonaktifkan seperti biasa.

Baca juga:  7 Jenis Layar Smartphone Terbaik Saat Ini

Hindari Kecerahan Berkedip di Smartphone

Kecerahan ponsel kamu adalah salah satu hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat menyalakannya. Ini berkontribusi pada keseluruhan penggunaannya. Jika terlalu terang, pastinya dapat merusak mata, dan jika terlalu redup, kamu tentunya akan kesulitan membaca apa pun di layar smartphone tersebut.

Fitur seperti kecerahan layar otomatis dapat membantumu mengotomatiskannya, tetapi kadang-kadang bisa melenceng sehingga kamu mungkin ingin mematikannya agar kecerahan tidak berkedip di tengah permainan, panggilan video, ataupun disaat bekerja.

  • Bagikan