Cara Memilih Aki Mobil Baru

  • Bagikan
Cara Memilih Aki Mobil Baru Cara memilih aki mobil

Aki mobil cenderung mengubah energi kimia menjadi energi listrik dan dikenal sebagai unit penyimpanan. Ini adalah asam timbal di mana elektrolit atau asam bereaksi dengan pelat yang terbuat dari timbal di dalam baterai untuk menghasilkan listrik yang dibutuhkan.

Mesin yang besar membutuhkan lebih banyak tenaga untuk dimatikan dibandingkan dengan mesin yang lebih kecil, oleh karena itu penting untuk memilih aki yang sesuai dengan ukurannya. Kendaraan hari ini memiliki aksesori yang membutuhkan lebih banyak daya baterai untuk memastikan berfungsi dengan baik. Ada kemungkinan reaksi elektrolit gagal sebelum waktunya, jika baterai kecil terlalu banyak bekerja.

Bagaimana cara memilih Aki Mobil?

1. Gaya Mengemudi 

Gaya mengemudi yang berbeda dan persyaratan yang berbeda menempatkan tuntutan yang berbeda pada baterai. Kamu perlu menentukan apakah mobil kamu memerlukan aki RUPS atau siklus dalam atau mungkin aki banjir.

Baca juga:  Tips Berkendara Untuk Wanita Agar Aman Diperjalanan

2. Ukuran Kendaraan

Ukuran kendaraan, jenis aki, dan lokasi terminal dapat membantu kamu menentukan pilihan aki mobil yang tepat .Ukuran kelompok baterai ditentukan oleh model, merek, dan jenis mesin.

3. Arus Dalam Ampere Baterai

Arus dalam ampere baterai adalah kemampuan baterai untuk menghidupkan mesin pada suhu yang dingin. Peringkat ini memberikan kamu gambaran yang adil tentang nomor amp yang dapat dikirimkan oleh baterai selama 30 detik pada 0 derajat F.

4. RC Atau Kapasitas Cadangan 

Kapasitas cadangan baterai menunjukkan, berapa lama baterai baru yang terisi penuh dapat mengoperasikan aksesori, jika terjadi kegagalan pada alternator. Kapasitas C20 dan jam amp menunjukkan jumlah energi yang disimpan dalam baterai tertentu. Setiap perangkat hebat, gadget, mobil listrik, dan robot akan menjadi lebih hebat jika baterai tidak menyedot terlalu buruk.

Baca juga:  5 Penyebab Utama Mesin Mobil Mati Yang Berakibat Fatal
Cara Memilih Aki Mobil Baru Cara memilih aki mobil1

Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Untuk Memilih Aki Mobil

Mempertimbangkan beberapa faktor dapat memastikan bahwa aki mobil yang kamu pilih bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang lama.

  1. Pastikan baterai yang kamu beli baru. Kamu perlu menyadari bahwa aki mobil kehilangan kekuatannya seiring berjalannya waktu, bahkan jika disimpan. Untuk performa terbaik, pastikan baterai yang kamu beli tidak lebih dari enam bulan.
  2. Dianjurkan untuk memilih baterai yang bebas perawatan. Ini tersedia secara luas dan tidak memerlukan pemeriksaan secara rutin seperti baterai model lama.

Tips Perawatan Aki Mobil

  • Untuk performa aki mobil yang optimal, kamu memerlukan beberapa perawatan yang harus dilakukan secara berkala. kamu perlu memastikan bahwa baterai terpasang erat ke dudukan mobil dan kabel. Kontak kabel utama harus tepat.
  • Pastikan kamu hanya menggunakan air suling untuk top up. Tingkat maksimum yang ditunjukkan perlu dipertahankan. Pastikan kamu tidak membuat kesalahan dengan menambahkan asam.
  • Bagian atas baterai harus kering dan bersih. Penjepit kabel dan terminal perlu dilumasi dengan vaselin petroleum jelly. Pastikan kamu tidak menggunakan gemuk apa pun.
  • Sumbat ventilasi harus ditutup dengan cara yang benar.
  • Sistem kelistrikan kendaraan perlu sering diperiksa.
  • Selang ventilasi di baterai harus diperiksa apakah ada kerusakan.
  • Pastikan servis baterai dilakukan di bawah pengawasan dealer resmi secara terjadwal.
Baca juga:  Berikut 10 Perusahaan Pembuat Mobil Terbesar di Dunia

Cara terbaik untuk membeli aki mobil adalah dengan bantuan profesional yang berkualifikasi. Kamu dapat melakukan pencarian online jika kamu memiliki pengetahuan yang dibutuhkan tentang aki mobil atau kamu bisa membelinya di bengkel kepercayaan yang menawarkan jasanya di sini. Bandingkan harga yang berbeda dan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Bagikan