Cara Mencegah Laptop Cepat Panas

  • Bagikan
Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Cara Mencegah Laptop Cepat Panas

Halo sobat tekno, setelah mengetahui beberapa penyebab laptop cepat panas, perlu diketahui tanda-tanda seperti apa yang biasanya muncul saat laptop mengalami kondisi panas. Dengan mengetahui tanda-tanda peringatan berikut:

  • Perangkat terlalu panas ketika disentuh.
  • Tampilan layar berulang kali diam atau tidak responsif dengan perintah yang diberikan, atau mengalami hang.
  • Browser yang sedang dijalankan mengalami buffering yang cukup lama.
  • Laptop mati dan hidup kembali tanpa masalah atau alasan yang jelas.

Kondisi ini punya efek buruk jangka pendek dan jangka panjang. Pertama, efek jangka pendek dari laptop yang cepat panas adalah performanya akan melambat saat digunakan ditambah tidak nyaman untuk digunakan.

Efek jangka panjang dari kondisi tadi adalah komponen di bagian dalam laptop perlahan akan mengalami kerusakan. Penurunan performa yaitu melambat tidak terasa hanya saat laptop panas tapi juga dalam suhu normal.

Baca juga:  3 Rekomendasi Mouse Ciamik Harga Asik

Kalau sudah begini artinya, usia laptop kamu tidak akan lama. Makanya kondisi laptop yang cepat panas dan tidak wajar harus diwaspadai. Kali ini kita akan sharing tips untuk menjaga laptop dari kondisi tersebut. Gimana caranya? Simak ya sob!

1. Melakukan Pembersihan Berkala

Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Penyebab Laptop Cepat Panas dan Overheat5

Bersihkan kipas angin-angin atau ventilasi pada laptop agar bebas dari debu secara berkala, atau 2 hingga 4 kali dalam satu tahun. Cara ini sebaiknya dilakukan dengan meminta bantuan tenaga servis profesional untuk menghindari kerusakan.

2. Istirahat Beberapa Jam

Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Cara Mencegah Laptop Cepat Panas2

Jika sobat sedang melakukan aktivitas online intensif data seperti bermain game atau streaming, cobalah untuk istirahat setiap beberapa jam. Hal ini penting dilakukan agar perangkat laptop dapat beristirahat sejenak dan tidak terus dipaksa untuk bekerja.

Baca juga:  Kemana Ya File Komputer Setelah Di Hapus Dari Recycle Bin?

Kamu bisa mengisi daya laptop saat sedang berhenti, karena mengisi daya saat laptop digunakan dapat meningkatkan suhu secara keseluruhan.

3. Pastikan laptop berada di area yang berventilasi

Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Cara Mencegah Laptop Cepat Panas3

Jauhkan perangkat dari area yang terkena dampak sinar matahari langsung, atau panas dari pencahayaan ruangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko laptop yang mudah dan cepat panas.

4. Gunakan bantalan pendingin atau kipas eksternal

Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Cara Mencegah Laptop Cepat Panas4

Menggunakan kipas eksternal lumayan efektif untuk membantu menurunkan suhu laptop, ketika kipas internal di dalamnya tidak berfungsi secara optimal.

Dengan begitu, cara ini dapat mengurangi risiko overheating pada laptop yang menyebabkan berbagai kendala lainnya.

  • Bagikan