Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10

  • Bagikan
Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10 Password Wifi Windows

Setelah kamu mengatur jaringan wifi dan menghubungkannya ke semua gadget, kamu mungkin tidak sering khawatir tentang password Wifi. Tetapi apa yang terjadi ketika kamu perlu memasukkan password ke gadget baru dan tidak ingat password wifi mu?

Nah berikut ini mimin akan memberitahu kamu cara mengetahui password wifi kamu di Windows 10 sehingga kamu tidak perlu menggaruk-garuk kepala dan mencoba mengingatnya.

1. Cara Mengetahui Password Wifi Menggunakan Command Prompt

Command Prompt Windows (CMD) memudahkan untuk menjalankan semua jenis tugas. Dalam kasus ini, kamu dapat menggunakannya untuk menjalankan skrip yang dapat melihat password wifi kamu kapan saja.

Tentangnya kamu harus membuat file batch sederhana agar dapat melihat password wifi tersebut. Ini mungkin terdengar rumit, tapi jangan khawatir. Bahkan jika kamu baru mengenal command line, seluruh prosedur hanya membutuhkan beberapa menit, dan kamu tidak akan merusak apa pun dengan melakukan ini.

Untuk melanjutkan, kamu hanya perlu mengetahui SSID jaringan wifi, yang mana merupakan nama koneksi Wifi kamu. Untuk mengonfirmasi ini, klik ikon network kamu di sudut kanan bawah layar untuk melihat nama jaringan yang kamu sambungkan. Atau kamu juga bisa membuka Settings > Network & Internet > Status untuk menemukannya.

Baca juga:  Ternyata Ini Fungsi Refresh di Windows yang Sebenarnya
Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10 Windows 10

2. Membuat File Batch untuk Mengetahui Password Wifi

Untuk membuat file batch agar dapat mengetahui password wifi kamu, pertama cari Notepad (atau editor teks lain sesuai pilihan kamu) menggunakan Start Menu. Setelah kamu membukanya, copy teks berikut ke Notepad.

Catatan: Ganti NAMA_SSID dengan nama jaringan wifi kamupastikan dalam tanda kutip.

netsh wlan show profile name="NAMA_SSID" key=clear

pause

Sekarang, pilih File > Save as. Di bagian bawah tab, kamu akan melihat beberapa pilihan file dan simpan sebagai tipe Dokumen Teks ke Semua File.

Di kolom Nama file, kamu dapat mengisinya dengan nama apa saja. Namun, apa pun nama filenya, pastikan file diakhiri dengan .bat. Pilih lokasi yang nyaman untuk skrip tersebut (seperti desktop), lalu klik Save.

Sekarang, ketika terhubung ke jaringan wifi, klik dua kali file ini. Setelah mengklik akan muncul tampilan Command Prompt yang menunjukkan beberapa informasi tentang jaringan wifi kamu dan kamu akan melihat password wifi kamu di sebelah Key Content, seperti tampilan gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10 Wi Fi Password

3. Cara Melihat Password Wifi melalui Windows Settings

Jika kamu tidak ingin membuat file batch, kamu dapat menggunakan metode kedua yaitu melalui beberapa menu Windows untuk menemukan kata sandi Wifi.

Untuk memulainya, pertama buka Settings > Network & Internet > Status. Pada halaman ini, gulir ke bawah dan pilih Network and Sharing Center. Kamu juga dapat mengakses ini melalui Control Panel jika kamu mau. Cukup cari melalui start menu dan buka Network and Sharing Center.

Baca juga:  Kumpulan Perintah Run Di Windows 10 Yang Tersembunyi

Pada tampilan Network and Sharing Center, kamu akan melihat link dengan nama jaringan kamu saat ini di sebelah Connections. Selanjutnya klik teks biru tersebut untuk membuka tampilan info tentang jaringan Wi-Fi kamu.

Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10 Network Sharing Center

Selanjutnya, pilih tombol Wireless Properties untuk jendela baru lainnya. Di sini, beralih ke tab Security. Kamu akan melihat bidang berlabel Network security key.

Klik kotak centang Show characters untuk mengetahui password wifi kamu. Pada posisi ini mungkin kamu akan diminta untuk memasukan password kredensial administrator agar dapat membukanya.

Cara Mengetahui Password Wifi di Windows 10 Show Network Password

Perhatikan bahwa kamu dapat mengubah teks di kolom Network security key, akan tetapi hal itu tidak akan mengubah password wifi kamu. Sebagai gantinya, mengutak-atik bagian ini dapat menyesuaikan password yang digunakan Windows untuk terhubung ke jaringan kamu.

Jadi, jika koneksi kamu berfungsi dengan baik, kamu tidak boleh mengubah apa yang ada di sini. Ubah teks ini jika hanya salah mengetik password wifi kamu, atau baru saja mengetahuinya dan perlu memperbaikinya di komputer kamu.

Jika kamu membuat perubahan pada kolom ini, kamu tidak akan dapat terhubung ke wifi sampai kamu memperbaiki password tersebut.

4. Cara Mengetahui Password Wifi Kamu Dari Router

Jika tidak satupun dari metode di atas bekerja untuk kamu karena alasan tertentu, cara terbaik berikutnya untuk melihat password wifi kamu adalah melalui pengaturan router kamu sendiri.

Baca juga:  Cara Mengatasi Disk Usage 100%

Jika semua metode di atas gagal, kamu dapat mencoba memeriksa password wifi kamu kamu di perangkat lain. Misalnya seperti pada artikel berikut Cara Mengetahui Password Wifi Pakai Mac.

5. Tips Menghindari Lupa Password Wifi Kamu

Jika kamu harus melalui hal di atas untuk mengetahui password wifi kamu, kemungkinan besar kamu tidak ingin mengkhawatirkannya lagi di masa mendatang. Meskipun tergoda untuk menetapkan kata sandi yang lemah yang mudah diingat, ini bukan ide yang baik.

Jika password wifi kamu lemah, lebih mudah bagi orang yang tidak diinginkan untuk masuk ke jaringan kamu, yang dapat menyebabkan masalah serius. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan password wifi yang kuat namun mudah diingat, lalu simpan di password manager sehingga kamu tidak kehilangan ataupun lupa lagi.

Kamu bisa mencoba password manager terbaik untuk kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Banyak dari mereka gratis, dan mereka akan membiarkan kamu menyimpan password wifi kamu (dan informasi penting lainnya) dengan cara yang aman yang masih dapat kamu akses di mana saja.

Kesimpulan

Sekarang kamu telah belajar beberapa cara dan metode untuk mengetahui password wifi di Windows 10. Dan untungnya tidak sulit untuk mengetahui password wifi jika kamu lupa. Tentu saja, metode ini tidak akan berfungsi kecuali kamu sudah terhubung ke jaringan dengan password yang benar.

  • Bagikan