Diego Maradona “Si Tangan Tuhan” Meninggal Dunia

  • Bagikan
Diego Maradona "Si Tangan Tuhan" Meninggal Dunia @maradona

Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona meninggal di usia 60 tahun karena serangan jantung, Rabu (25/11/2020) waktu setempat. Dikutip dari aljazeera.com, penyerang timnas Argentina era 1980-an itu juga sempat menjalani operasi otak karena penyumbatan darah pada awal bulan ini.

Maradona membawa Argentina meraih Piala Dunia 1986 dengan mengalahkan Jerman Barat di partai final. Di turnamen itu pula ia menuai kontroversi dengan mencetak gol “tangan Tuhan” saat melawan Inggris di perempat final.

“El Pibe de Oro” alias “Si Anak Emas” juga sempat meraih gelar La Liga bersama Barcelona pada 1983. Pada 1984, ia di transfer ke klub Italia, Napoli. Saat itulah Maradona membawa Napoli menjadi kampiun Serie A pada 1987 dan 1990.

Baca juga:  10 Arti Julukan Pemain Top La Liga, Termasuk Messi dan Ronaldo

Dikutip dari diegomaradonagroup.com, sepanjang kariernya Maradona mencetak 311 gol, meraih 9 trofi bersama klub, dan 1 trofi Piala Dunia bersama timnas Argentina.

Setelah pensiun sebagai pemain pada usia 36 tahun, Maradona sempat jadi juru taktik timnas Argentina pada Piala Dunia 2006. Terakhir, sosok yang dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang masa bersama Pele oleh FIFA pada 2001 ini, melatih klub Primera Division Argentina, Gimnasia de la Plata sejak 2019.

Kini, sang “Tangan Tuhan” telah beristirahat dengan tenang. Adiós, Diego!

  • Bagikan