Ini Akibatnya Apabila Pemotor Nekat Terobos Banjir

  • Bagikan
Ini Akibatnya Apabila Pemotor Nekat Terobos Banjir motor 2

detaktekno, Jakarta – Jalanan di Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir di beberapa area. Hujan yang mengguyur dari pagi tadi hingga menyebabkan genangan air di jalanan. Pemotor harus lebih bijak dan disarankan untuk tidak nekat menerobos banjir yang terlalu dalam.

Akibat Banjir bisa menyebabkan kerusakan fatal pada mesin kendaraan. Jika kendaraan dipaksa menerjang banjir, resiko terparahnya adalah mesin mengalami water hammer

Perlu anda ketahui, bang adalah keadaan saat kendaraan mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Gejala ini akan membuat setang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder baret, dan yang paling parah, melengkungnya head silinder pada mesin motor.

Baca juga:  Jenis Karburator berdasarkan Tipe dan Fungsinya

Gara-gara water hammer, pemilik motor pasti akan menguras kantong lebih dalam lagi. Sebab, perbaikan water hammer dan tentu tidak murah pastinya.

Beberapa pakar menyarankan agar pengendara tidak menerobos banjir. Karena diakibatkan, air bisa masuk ke filter udara dan tersedot hingga ruang bakar dan berisiko mengalami water hammer. Selain itu juga, air berisiko merusak bagian elektronik pada kendaraan.(*)

  • Bagikan