Istilah-Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Harus Kamu Tahu

  • Bagikan
Istilah-Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Harus Kamu Tahu Istilah Dunia Kerja
Designed by Freepik

Pernah kesulitan untuk mengerti beberapa hal yang tertulis dalam poster lowongan pekerjaan? Untuk kamu yang fresh graduate atau awam mengenai istilah-istilah dalam dunia kerja mungkin akan sedikit kebingungan.

Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mengerti sekarang istilah-istilah dalam dunia kerja melalui artikel berikut ini:

1. Full Time

Bekerja dengan jam waktu penuh sesuai  dengan peraturan pemerintah, yaitu sekitar 7-8 jam perhari dan mendapatkan gaji secara penuh setiap bulannya.

Baca juga:  9 Website Lowongan Kerja Paling Terpercaya Di Indonesia

2. Part Time

Bekerja dengan durasi kurang dari 7 sampai 8 jam perhari dan mendapatkan gaji yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan full time.

3. Freelance

Nah, istilah kerja yang satu ini pastinya kamu sering dengar kan? Freelance atau pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan manapun dalam waktu yang panjang dan bekerja dengan sistem proyek.

4. KPI (Key Performance Indicators)

KPI (Key Performance Indicators) yaitu berisi poin-poin indikator kerja yang bisa diukur untuk mengetahui apakah target kerja tercapai atau tidak.

5. OKR (Objective Key Results)

OKR (Objective Key Results) yaitu indikator kerja yang dapat diukur dengan jelas, biasanya berupa patokan angka atau jumlah.

Baca juga:  Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Agar Lolos

6. Fee/Salary

Gaji atau upah yang diterima oleh karyawan di setiap periode waktu sesuai perjanjian dengan pihak perusahaan.

7. Over Time

Waktu lembur melebihi batas jam kerja. Biasanya karena harus mengejar target kerja atau memang diminta oleh atasan untuk mengerjakan hal lain.

8. Management Trainee (MT)

Proses rekrutmen dan pelatihan calon karyawan baru untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas yang akan dipromosikan ke level manajemen. Nama rekrutmen untuk MT akan berbeda di setiap perusahaan.

9. Probation

Masa percobaan dalam periode waktu, dimana terdapat kesepakatan untuk menilai performa karyawan baru. Biasanya akan berlangsung antara satu sampai enam bulan.

10. MoM (Minutes of Meeting)

Catatan atau ringkasan hasil dari sebuah meeting. Hal ini agar para karyawan bisa mengetahui isi dari meeting dan tahu apa saja yang harus dilakukan setelahnya.

Baca juga:  Skill Yang Paling Laris Di Situs Freelancer

11. MoU (Memorandum of Understanding)

MoU merupakan Surat perjanjian kerjasama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak kerja sama.

12. SOP (Standard Operational Procedure)

SOP ini merupakan Peraturan tertulis atau prosedur yang wajib dipatuhi oleh karyawan selama bekerja. SOP yang diterapkan akan berbeda di setiap perusahaan.

  • Bagikan