Kenapa Kapasitas Flashdisk atau Memori Yang Tidak Sesuai Ukuran Deskripsinya?

  • Bagikan
Kenapa Kapasitas Flashdisk atau Memori Yang Tidak Sesuai Ukuran Deskripsinya? flash memory 1306886 1280 1

Misteri yang selama ini menghantui kita dan sempat suudzon sama para perusahaan partisi, loh kok segini aja kapasitasnya? sisanya mana? pasti palsu nih!

Eitss, ternyata kita selama ini keliru, soalnya cara kita membaca sebuah partisi berbeda dengan cara baca sistem komputer itu sendiri. Untuk menghitung selisihnya dari partisi berikut ini ulasan singkat mengenai kapasitas flashdisk atau memori yang tidak sesuai ukuran deskripsinya

Pasti sobat tekno sering bertanya-tanya mengapa komputer selalu menunjukan bahwa drive atau kartu memori sobat memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dari apa yang di iklankan di kotak dan kartu itu sendiri?

Fenomena ini memang terjadi di hampir setiap drive penyimpanan yang kita miliki, flashdisk yang seharusnya berukuran 4 GB ternyata memiliki kapasitas penyimpanan real 3.72GB.

Baca juga:  5 Situs Untuk Membuat CV Yang Menarik

Lalu apakah penyebabnya?

Ternyata perbedaan kapasitas tersebut karena kita dan sistem memiliki perbedaan dalam membaca kapasitas suatu flashdisk.

Misalnya, jika kita memahami bahwa 1 KB adalah 1.000 byte, 1 MB adalah 1.000 KB dan 1 GB adalah 1.000 MB.

Maka komputer membaca memori dalam hitungan biner, yang mana 1 KB adalah 1.024 byte, 1 MB adalah 1.024 KB dan 1 GB adalah 1.024 MB dan seterusnya.

  • Bagikan