Lakukan Ini Saat Lu Nganggur

  • Bagikan
Lakukan Ini Saat Lu Nganggur lakukan ini saat lu nganggur
foto: freepik

Lu masih nganggur? Jangan pasrah aja. Apalagi kalo pengennya dapat kerja. Perlu usaha lebih dan manfaatkan waktu sebaik mungkin mumpung nganggur. yuk simak tips hari ini.

Ada 2 Alasan Kenapa Seseorang Hari Ini Masih Nganggur

1. Sengaja

Pengen istirahat (ambil libur sejenak), atau fokus ke urusan pribadi misalnya ngurus keluarga. Bisa juga pilih jalani bisnis untuk masuk dunia Entrepreneur.

2. Kesulitan

Sudah melamar kesana kemari, tapi masih belum terlihat hasilnya. Tes berkali-kali gagal lagi, gagal lagi.

Baca juga:  3 Skill Yang Harus Kamu Miliki Di Tahun 2021

Kalo yang sengaja nganggur, yaudah lah ya, pilihannya kan mau nganggur, tapi kalo nganggur karena kesulitan kerja. Ceritanya beda lagi, Gak enak bro! 

Ngalamin? Diteror ortu mulu, dompet tipis, kuota terpaksa ngiri, menahan godaan pinjol, liat temen dah kerja kok jadi sedih. Jadi apa yang harus lu lakukan saat lu nganggur? Berikut ini gw kasih tipsnya.

Hal Terbaik Yang Bisa Lu Lakukan Saat Nganggur

Isi Waktu

Manfaatin masa nganggur dengan melakukan aktivitas yang positif, yang nambah ilmu, membuka pikiran, membentuk pola pikir jadi positif, memberi motivasi dan menambah relasi.

Introspeksi Evaluasi CV & Latihan Presentasi

Cek CV lu pada bagian desain, info-info di dalamnya, nomor kontak yang tercantum, keahlian yang ditulis, pilihan posisi kerja, foto, dokumen pendukung, cara kirim, cara melampirkan file, waktu kirim CV, dsb.

Baca juga:  6 Skill Yang Paling Laris Di Situs Freelance

Buat script, jawaban interview yang bisa dilatih. Praktek di depan kaca. Cek ekspresi wajah, gestur, pilihan kata yang digunakan, dll.

Pelatihan

Apa aja boleh, berkaitan dengan posisi kerja pilihan lebih baik. Bahasa inggris untuk dunia kerja atau operasi Ms Excel untuk kantoran, Public speaking, atau pelatihan lain yang sesuai bidang lu juga boleh. Intinya setelah ikut pelatihan ilmu lu nambah dan ada yang bisa lu pake langsung di dunia kerja.

Magang

Khususnya Fresh Graduate atau yang menjelang lulus. Perusahaan banyak yang buka kesempatan magang. Kalau nemu peluang ini, jangan disia-siain. Perusahaan diuntungkan karena biaya rekrutnya rendah, sementara lu bisa dapat pengalaman. Jangan nuntut gaji kalo ikut magang, fokusnya untuk cari pengalaman.

Baca juga:  Diserang Buzzer? Ini 3 Cara Praktis Ngadepinnya

Volunteer

Bisa ningkatin empati, nambah pengalaman khususnya pengalaman hidup. Aktivitas ini sangat menantang. Karena menuntut terutama keikhlasan sekaligus komitmen. Menolong korban bencana alam, jadi guru anak jalanan, galang dan kemanusiaan, dsb.

Nah itulah hal positif yang bisa dilakukan saat lu nganggur. Jangan emosi ya bacanya tips ini berarti banget jika lu mau merintis dari nol. Ok selamat berjuang.

  • Bagikan