Langkah Untuk Menjadi Web Developer Pemula

  • Bagikan
Langkah Untuk Menjadi Web Developer Pemula langkah menjadi web developer

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari. Menjadi web developer tentu bukan hal umum lagi karena pekerjaan yang satu ini merupakan salah satu bidang yang mempunyai lapangan kerja dengan penawaran gaji yang tinggi. Jadi gak heran jika profesi yang satu ini banyak dilirik dan diminati oleh banyak orang.

Nah! buat kalian yang ingin belajar mengenai web developer dan ingin mengetahui cara menjadi web developer, Sebaiknya kalian mengetahui apa saja sih dan berbagai macam hal apa saja yang perlu dipelajari untuk menjadi web developer.

Langkah Untuk Menjadi Web Developer Pemula

Langkah pertama cara menjadi web developer adalah menentukan tujuannya sehingga lebih jelas membuat keputusan tentang apa saja yang perlu dipelajari. Seperti beriktu ini:

Baca juga:  8 Skill Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

1. Belajar HTML Dan CSS

Pertama belajar dahulu HTML sama CSS. Hal ini merupakan langkah yang paling awal untuk menjadi web developer.

“Tapi kan saya belum ngerti pemrograman?”

“Gak bisa ngoding tapi min”

“Kalo belum bisa coding gimana?”

Justru karena belum paham makanya dimulai dari HTML. Ingat HTML sama CSS itu bukan bahasa pemrograman, tapi itu adalah bahasa markup untuk menyusun bagian halaman website.

2. Lanjut Javascript

Nah bagian ini memang butuh pemahaman tentang pemrograman. Tapi asli deh menurut mimin belajar javascript yang dipraktekkan di website itu malah lebih gampang pahamnya.

Kenapa? karena hasilnya lebih kelihatan dibanding coding yang cuman belajar Algoritma dan Pemrograman atau “Struktur Data yang nanti hasilnya ditampilkan lewat terminal gitu.

Baca juga:  Lakukan Ini Saat Lu Nganggur

3. Coba Bikin Project Kecil-Kecilan

Nah ini adalah bagian terpenting. Kalau sudah merasa bisa ketiga elemen tersebut coba deh kalian bikin project kecil-kecilan kayak bikin landing page, halaman login, halaman responsive, dan coba kalian cari referensi sebanyak-banyaknya. Entah itu dari youtube, google, course atau tutorial manapun. Supaya codingan kalian bisa rapi dan sesuai dengan struktur yang berlaku.

4. Lanjut Ke Backend

Selanjutnya, pelajari hal dasar yang berhubungan dengan backend. Contoh Mysql, phpmyadmin, localhost, database, pemrograman php dan juga yang lainnya.

Basicnya, coba mulai dulu install localhost. Terus belajar syntax mysql dan yang terakhir belajar bahasa pemrograman php. Setelah itu coba buat satu project untuk konekkan project ke database atau coba project kecil-kecilan buat simpan data di database.

Untuk tutorial belajarnya banyak sekali kok yang sudah ada kalian bisa lihat di youtube web programing unpas.

Baca juga:  5 Tips Menjelajah Internet dengan Aman dan Mudah

5. Pelajari Framework

Kalau sudah merasa bisa sama hal-hal diatas tadi. Coba level up ke framework. yang sederhana dulu saja! misal Codeigniter.

Dengan menggunakan framework tersebut kalian bisa coba belajar mengenai CRUD (Create-Read-Update-Delete).

Kesimpulan

Ada banyak bahasa pemrograman yang harus dipelajari seseorang jika ingin menjadi web developer. Untuk menjadi seorang web developer, jalannya sangatlah panjang. Namun, gak usah khawatir karena sekarang banyak cara belajar untuk menjadi web developer terutama dari youtube maupun platform online lainnya bagi siapa saja yang sedang mencari cara menjadi web developer.

Langkah pertama untuk menjadi web developer adalah HTML dan CSS. Kedua ini sebaiknya dipahami dan dikuasai baik oleh front-end maupun back-end. Web developer akan menjadi lebih mudah jika kalian sudah memahami code syntax, praktiknya, dan aturan-aturan coding.

  • Bagikan