Macam-Macam Ancaman Yang Ada Di Internet

  • Bagikan
Macam-Macam Ancaman Yang Ada Di Internet hacker

Internet merupakan salah satu media yang memiliki peran cukup andil bagi berlangsungnya kehidupan manusia di dunia ini. Setiap hari, Anda mungkin berhubungan dengan teknologi yang satu ini. 

Dengan adanya internet ini, berbagai kegiatan manusia bisa dilakukan semudah mungkin dengan bantuan alat-alat yang canggih. Tidak mengherankan jika masyarakat sekarang jarang keluar rumah tetapi menjadi kaya raya. Dengan software yang ada di internet segala bentuk promosi dan transaksi jual beli dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka.

Tetapi, dibalik kemudahan adanya internet, ternyata ada berbagai macam-macam ancaman yang dapat merusak data atau komputer Anda baik PC, Laptop maupun Smartphone. Ketika Anda mendapati komputer Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya komputer lambat, hang, data yang dicari hilang, tampilan yang mengganggu ketika sedang bekerja.

Baca juga:  Legit, 3 Situs Short Url ini Membayar Termahal di 2021

Anda mungkin berkesimpulan bahwa komputer Anda terkena virus. Pasalnya ada berbagai ancaman yang mengincar saat Anda bekerja dengan komputer dan internet. Ancaman ini dapat merusak data, komputer, bahkan mencuri data penting.

Pengancam keamanan tidak hanya virus. Mungkin ada beberapa istilah yang pernah Anda dengar namun anda masih belum mengetahui apa maksudnya. Berikut ini penjelasan mengenai

Macam-macam ancaman yang ada di internet.

1. Botnet

Botnet merupakan sebuah software atau bot yang menciptakan pasukan komputer yang sudah terinfeksi virus (Komputer Zombie) yang bisa dimanfaatkan oleh seorang penjahat cyber untuk melakukan serangan

Baca juga:  7 Produk Google Yang Gagal Bersinar Di Pasaran

2. Ddos

Ddos merupakan serangan massive yang dilakukan menggunakan komputer zombie, untuk membanjiri trafik sebuah website atau server sehingga bisa membuat website atau server tersebut down dan tidak bisa diakses oleh pemiliknya.

3. Spam

Spam yaitu sesuatu yang membuat kita resah, karena kita bisa menerima email dengan jumlah yang tidak masuk akal secara bersamaan, dan spam ini biasanya dibarengi dengan phising yang di dalamnya menawarkan sesuatu hal yang tidak masuk akal

4. Phising

Phising biasanya digunakan oleh penjahat cyber untuk mengumpulkan informasi penting milik korbannya seperti username dan password sebuah akun dengan berpura-pura sebagai pihak yang berwenang atas informasi tersebut. Biasanya phising dilakukan lewat email maupun link website.

5. Spoofing

Spoofing yaitu teknik yang dilakukan untuk mengelabui korban untuk percaya bahwa website yang dia kunjungi atau email yang dia terima berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga korban dengan mudahnya memberikan info kredensial nya.

Baca juga:  Stigma Anak IT Di Mata Masyarakat

6. Trojan Horse

Pernah nggak sih kita berpikir apa yang ada didalam software bajakan yang kita download? Bisa saja berisi virus dan malware yang dapat merusak PC kita. Begitulah kira-kira Trojan Horse itu, mungkin diluar kelihatannya seperti aplikasi biasa, tapi kita tidak tahu apa didalamnya.

7. Spyware dan Adware

Ini biasanya salah satu kejutan yang terdapat didalam sebuah trojan horse. Spyware sendiri dapat mengawasi kegiatan kita dan mengambil data kita secara diam-diam. Sedangkan Adware dapat membuat PC kita dipenuhi iklan-iklan tidak senonoh.

  • Bagikan