Mau Jadi Programmer Simak Tips Berikut Ini

  • Bagikan
Mau Jadi Programmer Simak Tips Berikut Ini Programmer
Designed by Freepik

Emang udah yakin mau jadi programmer? Jadi programmer itu gak gampang loh, butuh tekad dan keyakinan. Di awal-awal kamu dibuat pusing dengan kode-kode yang sama sekali belum kamu pelajari di sekolah. Udah siap?

Mari kita lanjut, Penting! ini bukan tahapan wajib ya karena tiap orang bisa berbeda tahapan belajarnya dan ini hanya panduan setelah ini bisa mengembangkan sendiri nyamannya dimana.

Pentingnya keberhasilan suatu hal jika kamu mengetahui cara terbaik untuk mencapainya termasuk dalam belajar programming. Coding memang tidak mudah dan perlu ketekunan jika ingin berhasil. Berikut ini Tips yang membantu kamu memulai belajar jadi programmer.

1. Belajar Algoritma

Inti dari pemrograman adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Sampai sini paham kan? Algoritma melatih seseorang berfikir logis saat diharuskan menulis program. Jadi kamu bisa mendalami terlebih dahulu Algoritma dan konsep dasar coding seperti variable, control structure, struktur data, syntax, tools.

2. Belajar Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman apa? saatnya kamu cari tahu dari berbagai sumber bisa dari buku, internet, teman atau kursus. Misalnya, bahasa pemrograman untuk membangun web secara utuh kamu akan belajar HTML, CSS, Javascript (Node.Js), PHP, Python/Java, Mysql.

Penting! dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada, kamu sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Baca juga:  Cobain Nih 4 Game Asyik Bikin Skill Pemrograman Jadi Top Global

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika kamu hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

3. Mengenal Macam-Macam Framework

Di Web nanti akan ada bermacam-macam framework seperti Bootstrap, CI, Laravel, Vue, React, Node.Js. Nah banyak kan? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk master dalam programming. Ada banyak sumber belajar.

Berbagai cara untuk belajar mulai dari online course yang berbasis teks, video tutorial, hingga course interaktif seperti yang ada di Bootcamp.

4. Tentukan Minat Dan Tujuan

Aplikasi Desktop, Aplikasi Mobile atau Web? ini penting supaya kamu bisa fokus dan bisa memilih bahasa pemrograman apa yang akan kamu pelajari. Disini kamu harus fokus dan tentukan minat dan tujuan mu untuk menjadi seorang programmer handal.

Baca juga:  5 Bahasa Pemrograman Untuk Game

Jangan bosan untuk belajar karena belajar itu berlaku untuk seumur hidup dan ingat jangan menyerah atas apa yang kamu mulai. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan