Mengapa Disebut El Clasico? Ini Jawabannya

  • Bagikan
Mengapa Disebut El Clasico? Ini Jawabannya El Clasico

El Clasico/bahasa Indonesia: klasik; juga dikenal sebagai El Derbi Espanyol atau El Classic adalah nama umum yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola anatara FC Barcelona dan Real Madrid.

El Clasico telah memasuki usia ke 118 tahun ini. Tahukah kamu? El Clasico pertama digelar di stadion Hipodromo Madrid pada 13 Mei 1902. Barca kala itu menang 3-1 atas Madrid. Lalu mengapa disebut El Clasico? Ini jawabannya

Pertarungan Ideologi

Sebagai tim ibu kota, Real Madrid dianggap merepresentasikan kelas aristokrat, kaum bangsawan yang berkuasa. Sementara Barcelona merepresentasikan kelas pekerja yang ingin memberontak dari Madrid.

Baca juga:  Real Madrid Tersingkir, Begini Tanggapan Zinedine Zidane!

Real Madrid mewakili Bangsawan spanyol sedangkan Barcelona mewakili mewakili bangsa catalan El Clasico terbukti sudah panas sejak dalam ideologi.

Faktor Di Stefano

Sebuah kesalahpahaman dilakukan Millonarios, klub Kolombia tempat Di Stefano bermain, membuat Real Madrid dan Barcelona sama-sama memiliki hak kepemilikan dari sang penyerang.

Di Stefano bahkan sempat bermain beberapa partai untuk Barcelona, sebelum akhirnya kontraknya dibatalkan dan ia menjadi milik Madrid sepenuhnya. Kisah selanjutnya adalah sejarah

Selalu Ada Drama

El Clasico selalu menyajikan drama yang panas di dalamnya bukan hanya didalam lapangan bahkan hingga keluar lapangan, mulai dari adu jotos di lapangan hingga transfer pemain yang kontroversial antara kedua tim.

Baca juga:  Real Madrid Sukses Menumbangkan Deportivo Alaves Dengan Skor 2-0

Bahkan, setiap pemain yang menyeberang ke tim rival akan dianggap penghianat.

Tah heran, pertarungan kedua rival ini menjadi yang paling ditunggu di dunia.

Penuh Pemain Bintang

El Clasico tak pernah kehilangan pemain bintang di era Alfredo Di Stefano puluhan tahun silam hingga era Lionel Messi di masa sekarang, sudah tidak terhitung jumlahnya para pemain bintang yang memperkuat kedua tim.

Setiap dekade, baik Madrid maupun Barca berlomba-lomba membeli, memiliki, dan menciptakan superstar sepakbola dunia.

Ditonton Jutaan Orang

El Clasico adalah pesta sepakbola terakbar. Orang-orang di seluruh penjuru dunia tidak ingin melewatkan duel ini.

Setidaknya El Clasico menyedot lebih dari 650 juta penonton disiarkan ke 182 negara, dan ditayangkan memakai 33 kamera berdefinisi tinggi.

Baca juga:  Real Madrid Sukses Menumbangkan Deportivo Alaves Dengan Skor 2-0
  • Bagikan