Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone

  • Bagikan
Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm2 1

detaktekno, – Smartphone dan tablet saat ini bergantung pada processor untuk melakukan setiap tugas mereka, namun hanya sedikit orang yang tahu bagaimana teknologi itu bekerja dan kemana arahnya. processor adalah faktor yang sangat penting dalam memilih semua jenis perangkat komputasi, termasuk smartphone kalian.

Kinerja smartphone kalian dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk sistem operasi, pabrikan, dan operator nirkabel. Tetapi ada satu elemen penting dan sering diabaikan yang sebagian besar bertanggung jawab atas kecepatan, efisiensi dan masa pakai baterai ponsel kalian yaitu processor.

Jadi kali ini kita akan membahas mengenai processor all in one dan apa yang membuat processor all in one begitu kuat.

Apa Itu Processor Mobile ?

Seperti namanya, Processor memproses instruksi untuk menjalankan fungsi tertentu yang membuat perangkat smartphone beroperasi dengan baik. Processor sering digambarkan sebagai otak komputer, ponsel cerdas, dan tablet karena peran sentralnya dalam fungsi perangkat Anda.

Bagaimana GPU Mempengaruhi ?

Selain CPU, processor perangkat seluler kalian memiliki graphics processing unit (GPU). Elemen prosesor ini menangani data grafis dan visual, sehingga bertanggung jawab untuk menampilkan halaman Web dan grafik 3D dalam game. Bahkan jika Anda tidak bermain game di smartphone Anda, GPU memainkan peran penting dalam menampilkan tampilan utama ponsel Anda. Tanpa GPU, menavigasi layar utama Anda akan terasa lebih lambat dan grafiknya akan menjadi kurang mulus.

Baca juga:  Asus ZenFone 7 Masuk dalam Jajaran Smartphone Chipset Snapdragon 865

Apa Itu Core CPU ?

Apakah processor itu single core, dual core atau multi core tergantung pada berapa banyak core CPU yang dimilikinya. Prosesor dengan beberapa inti CPU memudahkan sistem untuk melakukan fungsi tingkat tinggi secara bersamaan, artinya Anda dapat melakukan banyak tugas pada smartphone kalian tanpa mengorbankan kecepatan kinerja. Ponsel smartphone dengan CPU multi-core memungkinkan kalian browsing Web lebih cepat, menonton konten 3D, dan menjalankan aplikasi yang menggunakan grafis canggih semuanya sambil menghemat masa pakai baterai. Kemajuan Processor yang akan datang akan menghasilkan generasi smartphone baru yang lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya.

Sekarang Mari Kita Lebih Lanjut Mengenai Processor All In One

Desain All-In-One oleh Qualcomm

Terkadang komponen ini ada sebagai chip yang berbeda dalam suatu perangkat, tetapi Processor yang sangat kuat dan hemat daya memiliki semuanya terletak pada satu chip. Ketika mereka dikelompokkan bersama ke dalam Processor, itu disebut sebagai “terintegrasi”.

Menyatukan keduanya memberikan keuntungan untuk pengoperasian ponsel kalian, seperti komunikasi yang lebih cepat dan masa pakai baterai yang optimal. Processor model lama, tidak terintegrasi, dan sirkuitnya yang tersebar tidak dapat mengimbangi. Puncak dari desain terintegrasi, adalah Processor ” all in one “.

All in one Qualcomm® Snapdragon ™ , dibuat khusus untuk menyertakan CPU, GPU, DSP, kamera, radio, modem dan banyak lagi. Ini juga mengintegrasikan regulator tegangan untuk manajemen daya yang lebih baik, yang dirancang untuk meningkatkan masa pakai baterai lebih jauh. Prosesor Snapdragon dirancang untuk memberikan amped up kinerja, meningkatkan daya tahan baterai, halus multitasking dan kecepatan tinggi data.

Komponen Utama Yang Mengontrol Operasi

1. Central Processing Unit (CPU)

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm5
Gambar ini menunjukkan apa yang dilakukan oleh CPU.

Central Processing Unit (CPU) Ini adalah ” otak ” dari ponsel smartphone kalian. CPU menerima perintah, membuat perhitungan instan, dan mengirim sinyal ke seluruh perangkat Anda.

2. Graphics Processing Unit (GPU)

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm4
Diagram di atas menunjukkan bagaimana cara kerja GPU.

Graphics Processing Unit (GPU) membantu CPU dengan menangani visual, terutama jenis yang dikirimkan pada game dan aplikasi yang kaya grafis lainnya .

3. ISP Kamera (Pemroses Sinyal Gambar)

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm3 1
Diagram di atas menunjukkan bagaimana ISP bekerja.

Image Signal Processor yang terintegrasi menyediakan banyak fungsi kamera ponsel smartphone kalian. Ini dirancang untuk memberikan paket pemrosesan gambar yang terikat erat dan memungkinkan pengambilan gambar dan video yang ditingkatkan secara keseluruhan. ISP terintegrasi juga dapat sangat berharga dalam hal seperti pengambilan gambar instan , dukungan resolusi tinggi , stabilisasi gambar , dan peningkatan gambar lainnya.

4. Audio dan Video 

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm7
Di atas diagram menunjukkan cara kerja DSP.

Prosesor yang baik juga akan memiliki unit pemrosesan khusus yang menangani audio dan video. Dalam prosesor Snapdragon , komponen yang disebut Digital Signal Processor (DSP) menangani pemutaran musik dan skenario pemrosesan audio lainnya yang harus dilakukan CPU. Hal yang sama berlaku untuk pengambilan dan pemutaran video, di mana ada mesin video khusus yang ditunjuk untuk menangani tugas-tugas ini.

5. Radio (RF Transceiver)

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm6
Di atas diagram menunjukkan bagaimana transceiver RF bekerja.

Komponen-komponen ini mengontrol koneksi Anda ke dunia. Secara umum, RF Transceiver menerima dan mentransmisikan koneksi suara dan modem memungkinkan ponsel kalian untuk mengirim dan menerima sinyal digital.

All In One Processor melakukan semua pekerjaan untuk memberikan kelancaran pada sebuah smartphone. Banyak dari kita menganggap ram serta prosesor atau chipset saat membeli smartphone.

Jadi setiap kali ada pertanyaan tentang teknologi dalam kaitannya dengan RAM dan prosesor, harus diingat bahwa tradeoff diperlukan di mana kapasitas RAM ditukar secara tepat untuk kualitas prosesor untuk mendapatkan perpaduan yang sempurna.

RAM menawarkan daya tahan yang lebih baik untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sedangkan kecepatan pemrosesan memberikan hasil. Semakin tinggi kecepatan, semakin cepat hasilnya.

sumber Qualcomm

Coba lihat ini,

Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone qualcomm1

Berikut adalah gambar chipset Qualcomm® Snapdragon ™ dengan semua komponennya. Kita semua sadar tentang proses pembuatan chipset apakah itu ukuran 10mn , 8nm , 7nm atau bahkan 5nm hingga chipset semakin kecil seiring dengan peningkatan teknologi, hanya melihat pada gambar di atas bahwa berapa banyak komponen apakah ada dalam satu potongan chipset. Jika tepatnya ada 24 komponen dalam satu chipset. (realme)

  • Bagikan