Pengertian FTP, Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

  • Bagikan
Pengertian FTP, Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan ftpilustrasi 1

tekno, – Apa sih FTP? Dalam dunia teknologi komputer ada yang di maksud dengan FTP ketika menggunakan aplikasi, download, mengunggah serta nonton video? yups itu semua karna ada nya FTP.  FTP punya fungsi penting pada pertukaran informasi di dalam sebuah komputer. berikut ini penjelasan singkat selengkapnya dilansir dari beberapa sumber.

Pengertian FTP

FTP (File Transfer Protocol) atau Protokol pengiriman berkas merupakan sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

FTP juga merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. 

Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Lo Butuh Support System

Kelebihan FTP

FTP yang berperan sebagai protokol akan menjadi penghubung pertukaran informasi pada sebuah komputer ini mempunyai beberapa kelebihan, seperti:

  • Mempunyai sistem keamanan enkripsi di jaringan yang dipakai sehingga tidak perlu takut dengan peretasan data data pribadi.
  • FTP mempunyai fungsi untuk menyimpan data yang dikirim sehingga tidak terhapus atau hilang dari komputer dan juga perangkat elektronik lainnya.
  • Walau FTP butuh verifikasi, akan tetapi ada software yang bisa membantu untuk melakukannya lengkap dengan petunjuk verifikasi yang bisa dilakukan hanya dengan 2 langkah saja.
  • FTP bisa menjadi penghubung pertukaran informasi serta file di antara komputer. Selama proses dilakukan juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan untuk melindungi data yang anda kirim dan terima.
  • FTP bisa membackup data serta file termasuk juga untuk restore ke suatu website.
  • Transfer data serta informasi yang dilakukan FTP bisa dilakukan dengan efisien dan tentunya mudah.
  • FTP bisa dipakai untuk indirect computer atau implicit remote computer.

Kekurangan FTP

  • FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa dienkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
  • Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbenturan dan menjadi dilema para administrator sistem.
  • Desain FTP masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai risiko yang mereka hadapi.
  • Sering terjadi kesalahan penyampaian informasi sehingga akan menyulitkan administrator untuk memahami informasi yang sudah diterima.
Baca juga:  5 Aplikasi Pengatur Keuangan Populer

Cara Kerja FTP

FTP akan bekerja dengan mengandalkan autentikasi standar dimana pengguna komputer akan diminta untuk memasukkan username serta password agar bisa mengakses data. Setiap anda akan mengunggah, mengunduh atau kegiatan lain mengenai data di dalam komputer, maka dibutuhkan akses FTP untuk perintah yang sedang anda lakukan.

Dengan adanya password dan username dari FTP, maka anda bisa dengan bebas menyalin, memindahkan, membuat serta menghapus data di direktori penyimpanan komputer. Akan tetapi sebelum pertukaran data dilakukan, maka FTP client harus melakukan permintaan koneksi pada FTP server. Apabila FTP client terhubung dengan FTP server, maka baru akan terjadi aktivitas untuk mengunggah, mengunduh data dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengakses FTP?

Terdapat berbagai cara untuk mengakses FTP yaitu melalui FTP Client ataupun web browser. Terdapat berbagai macam FTP Client yang dapat digunakan yaitu FileZilla, CyberDuck dan sebagainya. FTP Client akan lebih mempermudah proses upload dan download file website. FileZilla merupakan salah satu FTP Client yang sangat populer di kalangan pengguna Windows, Linux maupun Mac.

Baca juga:  3 Cara Kreatif Dalam Menggunakan USB OTG

Fungsi dan Manfaat FTP

File Transfer Protocol punya banyak fungsi yang dibutuhkan para pengguna komputer. Manfaat paling utama adalah untuk saling bertukar file serta informasi antar komputer. 

  1. Pertukaran File Aman Dilakukan FTP sangat penting untuk pengguna website. Dengan layanan FTP, maka pengguna website bisa membuat cadangan data web dengan mudah. Apabila koneksi putus ketika sedang mengirim data serta informasi lewat FTP, maka anda tidak akan kehilangan informasi atau data tersebut.
  2. Fasilitas Pengiriman 2 Arah Layanan FTP memungkinkn pengguna untuk saling bertukar data dan informasi yang terjadi secara dua arah. Contoh jika FTP digunakan pada kampus, maka dosen dapat mengirim file ke asisten dosen atau mahasiswa dengan lebih mudah.
  3. Transfer Data Jauh Lebih Efisien Alasan lain kenapa FTP sangat banyak digunakan adalah karena dapat membuat transfer file serta data semakin praktis. Jika anda ingin mengirim data atau file, maka anda bisa memakai layanan FTP secara indirect atau implicit remote computer sehingga file yang akan dikirim lebih teratur.
  • Bagikan