Pengertian Hibernate dan Sleep Pada Laptop Serta Dampaknya

  • Bagikan
Pengertian Hibernate dan Sleep Pada Laptop Serta Dampaknya Hibernate Sleep

Apa yang terjadi apabila laptop kamu dibiarkan tetap menyala selama 24 jam?

Banyak mitos bertebaran di sekitar kita bahwa jika laptop yang tidak dimatikan berhari-hari akan menyebabkan cepat rusak, terutama dapat merusak hardisk. Sebenarnya, amankah bila seperti itu?

Nah pada kesempatan kali ini, biar menambah wawasan kamu sebaiknya kita pahami fungsi dari mode Hibernate dan Sleep pada laptop dan apa perbedaan serta fungsinya masing-masing mode tersebut.

Pengertian dari Sleep

Pengertian Hibernate dan Sleep Pada Laptop Serta Dampaknya Sleep

Sleep adalah keadaan pekerjaan terakhir pada laptop yang akan disimpan ke RAM (Random Acces Memory), laptop tetap akan menyerap daya tetapi intensitasnya rendah. Meski layar mati sebenarnya laptop tersebut tetap hidup.

Baca juga:  Tips Menghindari Staingate Pada Layar Macbook dan Laptop

Pengertian dari Hibernate

Pengertian Hibernate dan Sleep Pada Laptop Serta Dampaknya Hibernate

Hibernate adalah keadaan semi-mati, dimana seluruh pekerjaan yang sedang dikerjakan di laptop akan disimpan ke hardisk dan laptop akan mati seperti keadaan shutdown serta sama sekali tidak mengkonsumsi daya.

Perbedaan Sleep dan Hibernate

Dari kedua mode tersebut perbedaan yang paling utama adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk beroperasi kembali. Kondisi pada Sleep akan lebih cepat recovery dari pada kondisi pada Hibernate.

Juga tempat penyimpanan, kalau Sleep di RAM tapi kalau Hibernate sudah di hardisk. Tapi laptop sekarang mana ada hibernate? udah dihapus kayaknya.

Orang-orang cenderung memilih mode Sleep ataupun Hibernate karena mereka akan menemukan pekerjaan mereka kembali dengan mudah saat menyalakan laptop tanpa perlu membuka tab atau program baru lagi.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Nyetrum

Lain halnya jika mereka memilih shutdown, maka akan memerlukan waktu untuk booting ulang. Jadi, apakah kedua hal tersebut akan membahayakan laptop kita apabila dilakukan?

Pengertian Hibernate dan Sleep Pada Laptop Serta Dampaknya Ilustrasi dampak Sleep dan Hibernate

Sebenarnya kedua hal tersebut tentunya tidak berbahaya apabila tidak sering dilakukan. Saat laptop dalam keadaan hibernate, meski seluruh data disimpan ke hardisk, hardisk sebenarnya tetap beristirahat.

Hanya saja, apabila kita sering membuat laptop kita hibernate tanpa pernah melakukan perintah shutdown, hal tersebut akan memberatkan kinerja hardisk dalam menyimpan pekerjaan-pekerjaan terakhir pada laptop.

Seperti halnya manusia, apabila tidak tidur berhari-hari maka kerja organ pun akan terganggu.

Begitu pula hardisk. Memori hardisk akan cepat penuh karena menyimpan pekerjaan-pekerjaan temporary laptop yang di hibernate. Untuk mode Sleep, dampaknya bagi laptop adalah hanya sekedar menguras daya tahan baterai.

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop Terlalu Panas
  • Bagikan