Pentingnya Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Kita

  • Bagikan
Pentingnya Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Kita Verifikasi 2 Langkah
Designed by Freepik

Ternyata data dari akun kita pun perlu dijaga dengan baik loh. Di dunia maya, akun-akun layanan online yang kita pakai merupakan aset penting yang wajib dilindungi kerahasiaannya. Karena data-data seperti username serta password adalah incaran utama para penjahat cyber.

Seperti halnya di rumah, kita menaruh sebagian benda berharga seperti perhiasan, elektronik serta barang berharga lainnya. Diantaranya ada juga yang menaruh perhiasan di dalam lemari brankas atau memasukkannya ke lemari khusus yang dikunci supaya keamanannya lebih terpelihara. Kurang lebih seperti itu gunanya verifikasi 2 langkah (2-Step Verification).

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap serta manfaatnya jika kita menggunakan verifikasi 2 langkah, yuk simak!

Apa Sih Verifikasi 2 Langkah Itu?

Verifikasi 2 langkah merupakan benteng tambahan untuk keamanan, yang mewajibkan kita untuk memasukkan kode 6 digit setelah kita login ke akun kita. Seperti misalnya Gmail, Facebook atau akun pembayaran seperti Dana, OVO serta akun online yang lain.

Kode ini yang nantinya akan dikirimkan ke ponsel. Itu berarti bila password kita dicuri, akun kita akan tetap aman. Karena, orang yang berupaya masuk ke akun kita tidak akan dapat memperoleh kode tersebut karena tidak memegang ponsel kita.

Cara Kerja Verifikasi 2 Langkah

  1. Login
  2. Masukkan Username & Password
  3. Masukan kode verifikasi 6 digit yang dikirim ke ponsel
Baca juga:  Mainboard atau Motherboard. Apa itu?

Kode verifikasi 6 digit dapat dikirimkan melalui SMS kepada ponsel kita.

Bagaimana Jika Ponsel Kita Hilang?

Jangan khawatir. Saat pertama kali mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, kita akan diminta untuk memasukan nomor telepon cadangan yang bisa digunakan untuk memperoleh nomor verifikasi 6 digit seandainya ponsel hilang.

Kita juga akan diberikan satu set kode verifikasi cadangan, yang hanya dapat digunakan untuk login sekali. Bila ponsel kita hilang ataupun ketinggalan, kita masih bisa menggunakan kode tersebut untuk login satu kali.

Password Panjang Saja Tidak Cukup

Sayang nya masih banyak orang yang belum memakai fitur verifikasi 2 langkah ini. Mungkin sebagian besar banyak yang belum sempat memahaminya atau sempat mendengar tetapi malas mengaktifkannya karena merasa repot wajib login 2 kali.

Baca juga:  9 Rekomendasi Hp Android Snapdragon 665 Dengan Harga Murah
  • Bagikan