Rata-Rata Gaji Programmer Startup Di Indonesia

  • Bagikan
Rata-Rata Gaji Programmer Startup Di Indonesia Rata Rata Gaji Programmer Startup Di Indonesia

Perkembangan teknologi mendorong peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang IT. Mulai dari startup hingga perusahaan besar terus mencari talenta terbaik yang bisa menjalankan profesi dengan latar belakang ilmu teknologi informasi ini.

Programmer merupakan profesi yang ditekuni oleh orang-orang yang membuat program berdasarkan lembar spesifikasi software engineering. Seseorang yang berprofesi sebagai programmer harus mampu menulis kode dan mengerti algoritma. Biasanya, programmer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan menguasainya dengan baik. Tetapi, programmer yang bisa memahami berbagai bahasa pemrograman, tentu lebih disukai perusahaan.

Pastinya di antara kalian yang sedang membaca bertanya – tanya berapa sih gaji programmer di indonesia? atau berapa sih gaji programmer Startup di indonesia saat ini?

Ok langsung saja pada masalah gaji di bawah ini, sekali lagi postingan yang kami buat ini kami ambil dari beberapa sumber jadi bukan hanya dari satu sumber saja. berikut ini:

Rata-Rata Gaji Programmer Startup Di Indonesia

Nah, buat mahasiswa yang akan ambil jurusan IT dan ingin menjadi seorang programmer, ada banyak sekali peluang untuk kamu berkarir. Berikut ini adalah beberapa kategori pekerjaan startup mulai dari level bawah hingga atas.

1. Entry Level

Kategori ini bisa dibilang sebagai internship level. Dimana kamu baru megang laptop atau baru ngoding -4 bulan dari sepanjang hidup kamu di dunia. Setelah 4 bulan belajar, kamu bisa melamar sebagai internship program/developer di perusahaan yang membuka lowongan.

Jadi level tidak ditentukan dari baru lulus coding bootcamp, fresh graduate. Selama kamu sudah berpengalaman lebih dari 5 bulan ngoding atau menghasilkan aplikasi. Selamat, kamu bukan termasuk kategori ini.

Gaji

Big Startup : Rp 3.500.000 – Rp 6.000.000

Entry Startup : Rp 1.000.000 – Rp 3.500.000

2. Junior Level

Biasanya masuk kantor pakaiannya sudah mulai gak rapi. Pada kategori ini kamu sudah memiliki pengalaman setidaknya lulus internship sebagai programmer/developer di sebuah perusahaan.

Baca juga:  Jenis-Jenis Cache Yang Wajib Kamu Ketahui

Di level ini kamu sudah mulai paham dengan alur pekerjaan dan bidang kamu lebih dalam. Kamu sudah ahli untuk mulai mencoba dan mengimplementasikan beragam package dan plugin ke dalam projek kamu.

Gaji

Big Startup : Rp 7.000.000 – Rp 10.000.000

Entry Startup : Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000

3. Middle Level

Level ini adalah level dimana seorang programmer akan transisi dari junior menjadi senior. Untuk bisa naik ke level dunia programming tidak requirement atau persyaratan dan waktu yang terstandarisasi.

Hanya bagaimana kamu menyelesaikan masalah yang terdapat di divisi kamu dan memberikan solusi-solusi yang tepat kepada teman kamu yang lain di divisi yang sama.

Gaji

Big Startup : Rp 11.000.000 – Rp 20.000.000

Entry Startup : Rp 7.000.000 – Rp 15.000.000

4. Senior Level

Kantor adalah milik mereka dan budaya juga punya mereka. Biasanya pada level ini mereka sudah membuat budaya sendiri yang aneh dan nyeleneh demi cairnya suasana di kantor startup. Orang-orang inilah yang menjadi alasan kenapa kantor startup tidak pernah kaku seperti korporat.

Baca juga:  5 Tips Dasar Belajar Pemrograman Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Pada level ini, para senior biasanya akan terlibat di banyak meeting dengan atasan divisi atau divisi lain atau dengan eksekutif perusahaan tersebut.

Gaji

Big Startup : Rp 21.000.000 – Rp 30.000.000

Entry Startup : Rp 10.000.000 – Rp 18.000.000

5. Legendary Level

Level ini adalah perkumpulan orang-orang yang sudah lebih dari senior tapi selalu menolak berada di posisi eksekutif. Mereka lebih memilih berkutat dengan kode, membangun library atau mungkin bahasa pemrograman sendiri.

Orang-orang lebih banyak menjadi advisor pada suatu perusahaan ketimbang datang langsung ke kantor secara intensif seperti pegawai lainnya. Selain itu, arsitektur dan spesifikasi pembangunan suatu produk ditentukan oleh mereka.

Gaji

Big Startup : RP 33.000.000 – Rp 120.000.000

Entry Startup : Rp 22.000.000 – Rp 55.000.000

Itulah rata-rata gaji programmer startup di indonesia. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kalian yang bercita-cita menjadi programmer maupun yang sedang merintis menjadi programmer handal.

  • Bagikan