Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat

  • Bagikan
Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat Mengatasi Laptop Mati

Sering mengalami hal ini? Lagi asyik menggunakan laptop tiba-tiba mati sendiri? Pasti hal seperti ini membuat kita kesal. Apalagi kalau kita sedang buru-buru dikejar deadline. Banyak hal yang menjadi penyebab laptop mati sendiri, salah satu penyebabnya adalah overheat.

Overheat yang kalau diterjemahkan bisa jadi terlalu panas, merupakan keadaan saat laptop mengalami panas berlebihan melebihi batasnya. Apabila laptop mengalami overheat, maka bisa dipastikan beberapa komponennya juga akan mengalami kerusakan.

Tapi, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dilakukan agar laptop tidak selalu mati karena overheat. Berikut ini tips agar kamu bisa mengatasi laptop kamu bila mati karena overheat, kita lihat sama-sama yuk!

1. Bersihkan Pendingin Yang Ada di Dalam Laptop

Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat cara membersihkan kipas laptop

Salah satu penyebab laptop mengalami overheat adalah sistem pendingin laptop yang tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut bisa jadi sistem pendinginnya tertutupi oleh debu, untuk langkah awalnya kamu bisa membersihkan nya secara rutin.

2. Selalu Gunakan Di Tempat Datar

Jika ingin menggunakan laptop, tempatkanlah pada bidang yang datar dan keras seperti meja. Dengan begitu udara panas yang berada di dalam laptop mudah dikeluarkan. Walaupun kamu terpaksa tetap ingin menempatkan laptop di kasur maka pastikan kamu menempatkan alas datar di bawah laptop.

3. Sering Menggunakan Cooling Pad

Salah satu cara lainnya adalah menggunakan cooling pada saat menggunakan laptop. Fungsi dari cooling pad sendiri adalah sebagai alat bantu untuk mendinginkan laptop.

Baca juga:  Jadi Programmer Skill Apa Saja Sih Yang Dibutuhkan?

4. Gunakan Laptop Seperlunya

Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat 4 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Untuk Yang Masih Menganggur
Designed by Freepik

Dengan menggunakan laptop seperlunya saja, hal ini juga memberikan kesempatan pada komponen-komponennya untuk melakukan pendinginan. Dengan ritme yang sama, maka beberapa perangkat elektroniknya akan selalu stabil sehingga kemungkinan terjadinya mati mendadak sangat kecil.

5. Jangan Paksakan Laptop Untuk Aktivitas Berat

Khusus untuk laptop penggunaan standar, sebaiknya tidak terlalu sering digunakan untuk membuka aplikasi maupun software berat misalnya aplikasi edit video, foto, bermain game dan semacamnya yang membutuhkan kinerja laptop tinggi.

6. Cek Laptop Menggunakan Antivirus

Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat avast free 1

Penyebab overheat pada laptop tidak selalu berhubungan dengan sisi pemakaian, adanya virus pada laptop pun juga dapat menjadi pemicu terjadinya overheat pada laptop. Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan Antivirus jika kamu belum memasangnya, lalu cobalah untuk sering melakukan scanning Antivirus setiap menggunakan laptop.

Baca juga:  4 Aspek Penting Dalam Memilih Ram

7. Ganti Baterai Dan Chargernya

Saat laptop mengalami kepanasan, otomatis akan berdampak pada kinerja baterai. Hal itulah yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menggantinya dengang menggunakan baterai yang baru, begitu pula dengan chargernya.

8. Melakukan Upgrade Pada Komponen

Solusi Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat SANDISK SSD Plus

Jika beberapa komponennya masih memungkinkan penambahan memori, maka lakukanlah pembaharuan komponennya. Misalnya : awalnya menggunakan RAM sebesar 2GB, maka cobalah ditambah dengan menggunakan kapasitas 4GB dengan catatan laptopnya masih mendukung.

Lalu bagian Hardisk juga, apabila laptop sudah terasa berat, sering hang atau mati cobalah untuk mengganti komponen yang satu ini. Kamu bisa menggantinya dengan Hardisk yang baru atau jika ingin lebih cepat dalam hal pembacaan file kamu bisa menggantinya dengan SSD yang dapat membantu laptop lebih optimal.

  • Bagikan