Tips Mengatasi Blank Saat Presentasi

  • Bagikan
Tips Mengatasi Blank Saat Presentasi presentasi

Diantara kamu pasti pernah mengalami yang namanya blank saat presentasi. Hal ini relatif wajar apabila kamu masih tahap awal-awal, biasanya dikarenakan kamu terlalu gugup atau tegang.

Namun, jangan khawatir kini kamu dapat mengatasi blank saat presentasi tersebut dengan, melakukan tips – tips berikut ini.

1. Atur Nafas

Tarik nafas perlahan kemudian hembuskan. Atur nafas kamu hingga kamu merasakan detak jantung yang lebih stabil. Tips pertama ini ampuh untuk mengatasi blank saat sedang presentasi.

2. Persiapan Yang Cukup

Persiapkan semua hal yang kamu perlukan untuk mendukung kesuksesan presentasi. Mulai dari penetapan tujuan, analisa audiens yang akan hadir, penguasaan materi dan hal lainnya.

Baca juga:  Peluang Karir Jurusan Hukum

3. Berpikir Positif

Yakini bahwa kamu akan sukses dalam presentasi, pikirkan audiens akan mengapresiasi pesan maupun ide yang kamu sampaikan.

4. Gunakan Notes

Ketika kamu lupa atau blank, kamu tinggal hentikan presentasi sebentar lalu baca notes dan kemudian lanjutkan presentasi.

5. Tanyakan Pada Audiens

Kamu bisa coba akali dengan pertanyaan seperti “Waduh.. tiba-tiba saya kok lupa ya sampai mana tadi, ada yang bisa bantu mengingatkan?” atau kamu mungkin bisa menggunakan gaya bahasa yang menurutmu baik.

Jadi itu dia beberapa tips mengatasi blank saat presentasi, semoga dapat membantumu.

  • Bagikan