Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

  • Bagikan
Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet merwat laptop
Freepik

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Pasalnya merawat laptop itu perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Ada beberapa hal agar merawat laptop dapat mudah dilakukan salah satu caranya akan mimin bagikan pada artikel kali ini. Berikut tips merawat laptop kamu agar tetap awet.

1. Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop diatas kasur lebih nyaman. Tetapi itu sangat perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop diatas kasur dapat menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop kamu pun mengalami overheat.

2. Jangan Menaruh Barang Berat Diatas Laptop

Kebiasaan seperti ini sering dianggap sepele oleh pemilik laptop. Perlu kamu ketahui, kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal bagi laptop kamu. Hal sepele seperti menaruh barang berat diatas laptop ini perlu kamu hindari.

Baca juga:  Tarif Naik, Berikut 6 Perusahaan Global Yang Resmi dikenakan Pajak, Termasuk Netflix

Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

3. Perhatikan Suhu Laptop Kamu

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat. Ada seorang teman saya yang sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu laptopnya.

Alhasil, setelah saya cek suhu laptopnya mencapai 90°C. Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C, padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahunan.

4.Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop Untuk Bermain Game Berat

Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer. Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat.

Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop kamu mengalami bocor.

Baca juga:  Apa Itu Virtual Private Network (VPN)?

5. Jangan Sembarangan Mengunduh Software Dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop. Saya sarankan untuk menginstal Antivirus contohnya Antivirus Avast pada laptop kesayangan kamu tapi kamu harus tetap berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

6. Jauhkan Minuman Dari Laptop Kamu

Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Air minum atau air apapun merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop kamu.

Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard laptop kamu.

Nah, itu dia beberapa tips merawat laptop agar tetap awet, semoga infonya dapat bermanfaat buat kalian yang memiliki laptop dan tidak tahu cara menjaga keawetannya.

Baca juga:  5 Situs Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Dan Gratis
  • Bagikan